Tuesday, 24 April 2018

100 Ribu Benih Ikan Ditebar di Waduk Setu

Rabu, 26 Juli 2017 — 15:38 WIB
Penebaran benih ikan di waduk Setu, Cipayung. (Ifand)

Penebaran benih ikan di waduk Setu, Cipayung. (Ifand)

JAKARTA  (Pos Kota) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur bersama Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) menebar 100 ribu benih ikan di Waduk Setu, Cipayung, Rabu (26/7). Hal itu untuk peningkatan gizi masyarakat sesuai program Gubernur DKI.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana mengatakan, pihaknya menebar 100 ribu benih ikan mas dan ikan nila,  agar nantinya bisa dimanfaatkan warga sekitar. Karena dalam beberapa bulan kedepan, ikan akan menjadi besar dan dapat dikonsumsi. “Dengan begitu, warga bisa memancingnya dan dibawa pulang ke rumah,” kata Bambang

Dengan  memanfaatkan ikan yang disediakan itu, lanjutnya, diharapkan bisa meningkatkan gizi warga ketika di konsumsi. Semua itu sesuai program Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat yang meminta embung dan waduk yang ada, dimanfaatkan dengan baik.

“Pesan saya, manfaatkan semua yang ada. Jaga juga waduk dan ikan didalamnya, agar semua warga bisa menikmatinya,” ujar walikota.

Bambang menyebut, penebaran benih yang dilakukan pihaknya, merupakan yang kesekian kalinya dilakukan. Dimana sebelumnya, hal itu juga digelar di waduk Cibubur 2, mabes TNI, waduk Alkal, Kramatjati, Halim, Pulogebang dan Ujung Menteng.

“Kisaran benih ikan yang sudah ditebar itu mencapai 500 ribu ekor. Kami juga masih menyasar embung lain untuk lakukan hal yang sama,” ujarnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Timur Agung Priambodo menambahkan, upaya yang dilakukan tersebut, untuk pemanfaatan lahan perairan bagi masyarakat. Untuk besarnya ikan sendiri bervariasi, ada yang besar dan ada yang kecil sehingga yang besar bisa langsung dikonsumsi bagi warga. “Kami juga berpesan ke warga kalau mancing dapat yang kecil dilepas lagi,” ujarnya.

Ditambahkan Agung, selain menebar ikan di embung, pihaknya juga memberikan bibit tersebut ke RPTRA, sekolah dan kelompok. Warga pun bisa juga mengajukan permintaan benih ikan bila memiliki kolam dirumah maupun lingkungan tempat tinggalnya. “Silahkan bersurat ke Sudin KPKP, nanti tim kami akan melakukan pengecekan dan memberikan benih ikan bagi warga yang membutuhkan,” pungkasnya. (Ifand/tri)