Wednesday, 13 December 2017

Seleksi Tahap III Komisi Yudisial , Sisakan 14 Calon Hakim Agung

Rabu, 26 Juli 2017 — 15:03 WIB
Komisi Yudisial front

JAKARTA (Pos Kota)  – Komisi Yudisial (KY)  loloskan 14 orang calon hakim agung (CHA), pada Seleksi Tahap III tahun  2017.

Berdasarkan keputusan Rapat Pleno KY yang  dipimpin Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari,  ke-14 CHA itu, terdiri dua orang dari kamar pidana,  lima orang kamar perdata,  lima orang dari kamar agama, ,  dan masing-masing satu orang dari kamar tata usaha negara serta kamar militer.

Juru bicara KY Farid Wajdi menyatakan mereka yang lolos seleksi tahap ketiga ini, telah menjalani seleksi kesehatan dan kepribadian, yang meliputi pemeriksaan kesehatan,  assesman kepribadian dan kompetensi serta penelusuran rekam jejak.

“Selanjutnya,  ke-14 CHA ini kan memgikuti seleksi terakhir,  tahap IV berupa wawancara terbuka,  mulai Rabu sampai Jumat,  dari 2 -4 Agustus 2017, di Auditorium KY Lantai 4, Jalan Kramat Raya No.57, Jakarta Pusat,” kata Farid dalam keterangannya,  di Jakarta,  Rabu (26/7/2017.

Farid menjelaskan dalam seleksi tahap akhir itu, KY melibatkan tim pakar dan negarawan.
“KY juga meminta kepada peserta seleksi untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu keberhasilan/kelulusan dalam proses seleksi,” pintanya.

Seleksi yang dilakukan KY  untuk mencari enam orang hakim agung yang terdiri dari satu orang di kamar Pidana, dua orang di kamar Perdata, satu orang di kamar Agama, satu orang di kamar Militer, dan satu orang di kamar Tata Usaha Negara.

Ke-14 CHA yang lolos seleksi tahap III adalah;
Untuk Kamar Pidana, Ansori Dr. H. S.H., M.H. 2. Gazalba Saleh Dr. S.H., M.H;  Kamar Perdata adalah  Mob. Eka Kartika E.M S.H.,M.Hum.  Muhammad Ali Hanafiah Selian Dr.  S.H., M.H., Muhammad Yunus Wahab Dr. Drs.  S.H., M.H.,  Pahala Simanjuntak S.H., M.H. dan R. Murjiyanto Dr. S.H., M.Kn. Untuk Kamar Agama,   Azizah Bajeber Dra. S.H., M.H.,  Bunyamin Alamsyah Dr. H. S.H.,  M.Hum, Firdaus Muhammad Arwan Drs. H.  S.H., M.H, Jaliansyah Dr. H. S.H., M.H dan Yasardin Dr. S.H., M. Hum . Untuk Kamar Tata Usaha Negara Yodi Martono Wahyunadi Dr. H. S.H., M.H;  Untuk Kamar Militer  Hidayat Manao Kol. CHK. S.H., M.H.  (ahi/tri)