Thursday, 23 November 2017

Kampung Bekelir Dihiasi Lukisan, Ada Datang Dari Filipina

Minggu, 30 Juli 2017 — 13:41 WIB
Walikota saksikan aksi melukis di Kampung Berkelir.(awang)

Walikota saksikan aksi melukis di Kampung Berkelir.(awang)

TANGERANG (Pos Kota)- Berbagai warna (kelir) dengan media lukisan tiga dimensi, mural, dan grafiti meramaikan program Kampung Bekelir di lingkungan RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Minggu (30/7).

Puluhan seniman lukis bukan cuma dari Tangerang, tapi dari beberapa daerah lain, bahkan dari Filipina, menuangkan karyanya di tembok-tembok luar Rumah warga.

“Kita harap kampung berkelir ini semakin menarik wisatawan, yang bisa meningkatkan kesejahteraan warga,” ucap Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat meresmikan program yang digagas warga setempat. Menurutnya, ini bisa menjadi kesatuan dalam program Tangerang Seribu, dengan masing-masing ciri khas wilayahnya.

Walikota senang dengan tema Tangerang Berkelir. “Karena Berkelir itu bahasa khas Tangerang, yang artinya berwarna,” ucap Walikota. Dalam situasi saat ini sambungnya, kreatifitas dengan ciri khas, sangat dibutuhkan.

Sementara itu warga sekitar bersama para seniman dari nusantara hingga dunia turut terlibat dalam proses pembuatan Kampung Bekelir itu. Konsepnya yaitu dengan cara melukis dinding yang bertemakan kearifan lokal di Kota Tangerang.

“Para seniman bukan hanya sekadar melukis biasa saja, tapi juga memperkenalkan kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya masyarakat di Kota Tangerang. Sehingga kearifan lokal ini dapat diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui lukisan di tembok – tembok itu,” ujar Communication Manager Project Kampung Bekelir, Andika Panduwinata.

Dijelaskan, ada sekitar 300 rumah warga yang dilukis oleh para seniman street art tersebut. “Mereka membuat lukisan tiga dimensi dengan menggambar beberapa kesenian atau ikon yang menjadi ciri khas Tangerang. Seperti Lenggang Cisadane, Gambang Kromong, Cokek, Laksa, Masjid Al Azhom dan masih banyak lagi yang lainnya,” ucapnya.

(awang/sir)