Sunday, 18 November 2018

Siapkan Regulasi, Jokowi Siap Sambut Era Mobil Listrik

Minggu, 30 Juli 2017 — 18:32 WIB
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

AKARTA (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo menilai penggunaan mobil listrik menjadi keniscayaan yang harus dihadapi Indoensia. Menurut Presiden Jokowi, perubahan iklim global memaksa penggunaan mobil yang lebih ramah lingkungan dan tanpa pengguna bahan bakar minyak, yakni mobil listrik.

“Ke depan mau tidak mau memang mobil listrik harus kita itu harus kita lihat karena semuanya pasti akan mengarah ke sana,” ujarnya di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (30/7/2017).

Lebih lanjut, Presiden ke-7 RI itu mengatakan Indonesia harus mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi perubahan tersebut. Dikatakan Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia harua mempersiapkan peraturan dan riset terkait penggunaan mobil listrik. Presiden Jokowi juga menilai pelaku industri dan peneliti perlu diberikan insentif tertentu.

“Sebab itu negara sudah harus siap-siap. Regulasinya harus siap, kemudian riset untuk menuju ke sana juga harus siap, karena di sini saya kira ruangnya BPPT. Jangan sampai yang lain sudah masuk ke sana kita masih bingung mau ke mana. Saya kira persiapan itu juga diperlukan sekali,” terang Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji ulang proyek mobil listrik dari sisi pengembangan penghematan bahan bakar fosil. Kementerian ESDM bersama Kementerian Perindustrian akan saling berkoordinasi mengembangkan mobil listrik dalam negeri. (ikbal/yp)