Wednesday, 13 December 2017

KY Seleksi 14 Calon Hakim Agung Mulai Rabu

Selasa, 1 Agustus 2017 — 22:04 WIB
Komisi Yudisial

Komisi Yudisial

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Yudisial (KY) mengelar seleksi akhir terhadap 14 orang calon hakim agung (CHA), Rabu (2/8) sampai Jumat (4/8), di Auditorium KY, Jakarta Pusat.

Seleksi CHA ini untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA). Mereka terdiri, satu orang kamar pidana, dua orang kamar perdata, satu orang kamar agama, satu orang kamar militer (berasal dari militer) dan satu orang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).

Juru bicara KY Farid Wajdi menyebutkan seleksi akhir ini berupa wawancara terbuka guna memilih calon hakim agung yang akan disampaikan ke DPR guna memperoleh persetujuan.

“Wawancara akan dilakukan oleh anggota KY dan panel ahli yang terdiri dari hakim agung, mantan hakim agung, pakar dan/atau negarawan,” katanya, di Jakarta, Selasa (1/8).

Sejumlah nama yang terlibat dalam tim panel, di antaranya: Prof. Kaelan (negarawan), Prof. Mohammad Saleh (Perdata), Ahmad Kamil (Agama), Prof. Andi Hamzah (Pidana), Hary Djatmiko (TUN/Pajak), dan Iskandar Kamil (Militer).

Farid menambahkan beberapa aspek penilaian pada wawancara meliputi visi, misi, dan komitmen. Serta kenegarawanan, integritas, kemampuan teknis dan proses yudisial, terakhir kemampuan pengelolaan yudisial.

“Selain diselenggarakan secara terbuka, wawancara ini juga dapat disaksikan melalui streaming live di website KY, yaitu www.komisiyudisial.go.id.” (ahi)