Thursday, 17 August 2017

Tanah Abang Sasaran Pertama Bulan Tertib Trotoar di Jakarta Pusat

Selasa, 1 Agustus 2017 — 11:41 WIB
PKL kembali berjualan di Trotoar-toga 1

JAKARTA  (Pos Kota) – Petugas gabungan di tingkat provinsi mengawali pelaksanaan Bulan Patuh Trotoar hari ini dengan melakukan penertiban trotoar di wilayah Tanah Abang, bersama petugas dari Jakarta Pusat.

Wilayah Tanah Abang dipilih karena dinilai okupasi trotoar di Tanah Abang banyak dilakukan pedagang kaki lima (PKL)  sehingga merampas hak pejalan kaki. Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko mengatakan nantinya PKL di Jalan Fachrudin, Tanah Abang akan ditata sehingga tidak mengganggu pejalan kaki

” Dari Jalan Fachrudin sampai stasiun saya lihat trotoarnya bagus sudah dibangun 3-5 meter. Saya lihat banyak pedagang loak yang hampir okupasi. Jadi kita akan penataan. Trotoar yang lebar bagus ditata sehingga ada ruang untuk jalan kaki dan ruang untuk tempat usaha warga nanti kita akan atur. Bukan berarti gak boleh,” ujar Yani  di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa  (1/8/2017).

Dalam pelaksanaan Bulan Tertib Trotoar, pihaknya akan memberikan sanksi bagi PKL yang kedapatan membandel. Untuk trotoar yang diokupasi sebagai lahan parkir, Yani menyebut Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menindak dengan menderek kendaraan.

“Kalau sudah diingatkan kita akan lakukan penegakkan. Sidangkan, tindak pidana ringan bagi PKL. Termasuk Dishub, itu diangkat kalau yang parkir liar,” tandas Yani.

Yani menambahkan untuk pengawasan pelanggaran trotar oleh pengendara sepeda motor akan diintensifkan pada jam-jam sibuk yang menimbulkan kepadatan lalu lintas. Pasalnya perilaku penggunaan trotoar oleh  pengendara roda dua dipicu kemacetan lalu lintas.

“Di jam-jam binaan, pagi itu jam-jam berangkat kerja, sore jam-jam pulang kerja. Itu untuk pelanggaran roda dua. Tapi yang PKL kita laksanakan penertiban. Apalagi yang mangkal,” tutup Yani. (ikbal/tri)