Thursday, 15 November 2018

Kurang Lampu Penerangan, Situ Gintung Tempat Kencan di Malam Hari

Rabu, 2 Agustus 2017 — 8:37 WIB
Tugu dan batu prasasti bencana jebolnya tanggul Situ Gintung, Ciputat yang kurang mendapatkan perawatan. (anton)

Tugu dan batu prasasti bencana jebolnya tanggul Situ Gintung, Ciputat yang kurang mendapatkan perawatan. (anton)

TANGSEL (Pos Kota) – Dijadikan tempat kencan dan khawatir terjadi tindak kriminalitas, Warga Kec. Ciputat Timur khususnya sekitar Situ Gintung mendesak Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menambah lampu penerangan sekitar areal Situ .

“Kalau malam gelap gulita dan dijadikan nongkrong anak remaja pacaran atau kencan bahkan dikhawatir malah dijadikan tempat kumpul mabuk-mabukan dan tindak kriminalitas kalau tidak ada lampu penerangan,” kata Umar, warga Ciputat Timur, Selasa (1/8/2017).

Menurutnya, paling tidak harus  ada sepuluh titik lampu penerangan di jalan masuk, areal taman, tugu, pintu air dan tanggul situ sehingga tidak terlalu gelap. Umar  berharap mendapatkan perhatian serius Pemkot Tangsel.

Menanggapi keluhan itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, meminta Camat Ciputat Timur Durachman, mengaktifkan kembali forum RT/RW yang ada selain pihaknya meminta pihak Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) maupun Dinas Pariwisata bekoordinasi menambah lampu penerangan disetiap sudut.

“Saya berharap forum RT/RW yang ada diberdayakan serta diaktifkan di kawasan tersebut,” tuturnya yang mengaku kewenangan dan tanggung jawab penangganan Situ Gintung memang kewenangan pemerintah pusat dan petugas operasional dari pemerintah pusat sama sekali tidak ada.

Camat Ciputat Timur, Durachman, menambahkan pihaknya memang sudah berulang kali menerima keluhan berkaitan dengan gelapnya sekitar situ yang dijadikan ajang nongkrong atau pacaran bahkan dikhawatirkan dijadikan tempat mabuk-mabukan serta tindak kriminaltias oleh warga sekitar. “Kami sudah mengajukan ke DPKPP dan Dinas Pariwisata Tangsel untuk memasang lampu di setiap sudut kawasan situ,” tuturnya. (anton/tri)