Tuesday, 11 December 2018

Pemkot Jakarta Selatan Kucurkan Rp 29 Miliar Bangun RPTRA

Rabu, 2 Agustus 2017 — 8:11 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pemkot Jakarta Selatan tahun ini mengguyur Rp29 miliar untuk membangun 20 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Fasilitas publik tersebut dibiayai APBD DKI Jakarta.

“Dua puluh RPTRA tahun ini akan dibangun serentak di sejumlah lokasi di Jaksel. Kini dalam tahap awal pembangunan,” kata Kepala Suku Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Jakarta Selatan, M Yaya Mulyarso, Selasa (1/8/2017).

Menurut Yaya, pihaknya bersama Walikota Jaksel, Tri Kurniadi meninjau proses pembangunan RPTRA seperti di Jl. Wika RT 011 RW 07 Srengseng Sawah, Jagakarsa. Di lokasi ini sudah dipasang bedeng menandai dimulainya pembangunan RPTRA tersebut.

Pembangunan 20 RPTRA akan berlangsung sekitar 5 bulan dan ditargetkan rampung pada akhir Desember. Setiap taman ramah anak memiliki luas lahan berkisar 1.000 meter persegi (M2) hingga 2.000 M2 yang berada di lahan milik Pemprov DKI Jakarta.

“Semuanya lahan Pemda, untuk fasilitasnya nanti disesuaikan dengan luas lahannya, tidak seperti di RPTRA Kalijodo. RPTRA Kalijodo itu dapat pengecualian karena lahannya luas bekas penggusuran,” tutur Yaya.

Ia merinci dari 20 RPTRA itu tersebar antara lain dua di Kecamatan Pesanggrahan, tiga RPTRA di Kebayoran Lama, dua RPTRA di Kecamatan Tebet, satu RPTRA di Pancoran, dan dua RPTRA di Kecamatan Tebet.

Kemudian tiga RPTRA akan dibangun di Kecamatan Pasar Minggu, enam RPTRA di Kecamatan Jagakarsa dan satu RPTRA akan dibangun di Menteng Atas Setiabudi.

Terkait perizinannya, Kepala Unit Pelaksana (UP) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Jakarta Selatan M Subhan membenarkan bahwa semua perizinan sedang diproses.

“Kami baru menerbitkan izin 3 RPTRA yaitu di Jl. Rawa Papan, Pesanggrahan, Jl. Peninggaran Timur, Kebayoran Lama dan Jl. Simpang Tiga Kalibata Pancoran,” imbuhnya. (Rachmi)