Sunday, 23 September 2018

Dukungan ke Jokowi Mengalir, Calon Lain Jangan Patah Arang

Sabtu, 5 Agustus 2017 — 16:13 WIB
Guru Besar Universitas Indonesia) UI) Maswadi Rauf (ist)

Guru Besar Universitas Indonesia) UI) Maswadi Rauf (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Dukungan pencalonan presiden kepada Jokowi terus mengalir, setelah Partai Perindo disusul lagi Partai Hanura. Namun diharapkan calon lain jangan patah arah untuk bertarung di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 melawannya.

“Saya berharap calon lain tidak patah arang karena takut kalah melawan Jokowi,” papar Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Maswadi Rauf,  di  Jakarta,  Sabtu (5/8).

Maswadi menilai meskipun sekarang sudah ada partai politik yang menetapkan pencalonan presiden terhadap Jokowi yakni,  setelah Partai Golkar,  Partai Perindo dan sekarang Partai Hanura.

Dengan dukungan itu,  menurut Maswadi,  memang dipastikan akan menjadi calon presiden di Pilpres 2019 tapi belum tentu menang. “Sebab itu,  saya berharap calon lain seperti Prabowo Subianto,  Gatot Nurmantyo atau yang lainnya yang akan maju di Pilpres 2019 agar jangan patah arang,” terang Maswadi.

Ia menilai memang ada keuntungan yang dimiliki Jokowi sekarang ini yakni,  selain mampu menjaga kekompakkan partai politik pendukungnya,  juga Jokowi melakukan program pemerintah seperti,  pemberian Kartu Indonesia Sehat (KIS)  atau yang lainnya.

“Jokowi lebih dekat kepada rakyat dengan melaksanakan program pemerintah dengan memberikan bantuan tersebut,” Maswadi menjelaskan. Namun  demikian,  menurut Maswadi,  bukan berarti Jokowi tidak memiliki kelemahan.

Dia menambahkan dalam politik tidak ada yang tidak mungkin,  dan itu bisa dilihat dua tahun ke depan menuju Pilpres 2019. “Apakah Jokowi berhasil dalam mengurangi angka kemiskinan,  termasuk mengurangi utang luar negeri Indonesia,  dan isu tersebut yang akan dimainkan lawan poltiknya,” tegas Maswadi.

Seperti diketahui lewat Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) I Partai Hanura telah menetapkan dukungan pencalonan presiden kepada Jokowi,  sebelumnya Partai Perindo juga mendukung Jokowi di Pilpres 2019. (Johara/win)