Friday, 16 November 2018

Bersifat permanen dan temporer

Jalan Rasuna Said dan Cawang akan diberlakukan sistem Ganjil Genap

Senin, 7 Agustus 2017 — 10:07 WIB
Kadishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko .(ikbal)

Kadishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko .(ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Selain perluasan pembatasan sepeda motor, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan menerapkan aturan pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem ganjil genap. Sistem ganjil genap saat ini baru diterapkan di antaranya di Jalan Sudirman dan Gatot Subroto.

Wakil Kepala Dishub DKI, Sigit Wijatmoko mengatakan pembahasan perluasan aturan tersebut akan dilakukan saat forum discussion group (FGD) pada Rabu (9/8/2017).

“Ganjil genap akan diperluas juga untuk roda empat,” ujarnya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Penerapan sistem ganjil genap akan dilakukan dalam dua konsep. Konsep pertama adalah penerapan secara permanen. Konsep ke dua adalah n dengan berdasarlan waktu atau temporer.

“Yang pasti di (Jalan) Rasuna Said. Kalau rasuna said mau kita permanenkan sama dengan Jalan Sudirman-Gatot Subroto,” imbuh Sigit.

Dikatakan Sigit, penerapan sistem ganjil genap temporari akan diterapkan di jalan-jalan yang tengah dalam pembangunan infrastruktur. Sigit mencontohkan aturan ganjil genap berdasar waktu dapat dilakukan di Cawang..

“Terus juga ada yang waktu tertentu. Seperti misalnya kan ini LRT bodebek kan akan masuk dari Cawang sampai dengan Rasuna Said. Dari ruas Cawang kita berlakukan sistem ganjil genap,” pungkas Sigit. (ikbal)