Sunday, 15 September 2019

Jalan Rasuna Said dan Cawang Diberlakukan Ganjil Genap

Senin, 7 Agustus 2017 — 22:53 WIB
ganjil-genap waktu (youtube)

JAKARTA (Pos Kota) – Kebijakan pembatasan kendaraan pribadi melalui sistem ganjil genap akan diperluas. Bila saat ini hanya berlaku di Jalan Merdeka Barat , Jalan Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, nantinya sistem ini diberlakukan di area pembangunan light rail transit (LRT) Cawang, Jaktim, sampai dengan Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Hanya saja, sistem aturan ganjil genap di Cawang tidak akan diterapkan secara permanen.
Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, aturan ganjil genap yang akan diterapkan di Cawang berbeda dengan aturan serupa di Jalan Rasuna Said.

“Kalau Jalan Rasuna Said mau kami permanenkan sama dengan di Jalan Sudirman-Jalan Gatot Subroto. Terus juga ada yang hanya pada waktu tertentu, misalnya ini LRT yang masuk dari Cawang sampai dengan Rasuna Said. Dari ruas Cawang kami berlakukan sistem ganjil genap,” ujar Sigit, di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Senin (7/8).

LARANGAN MOTOR

Pembahasan rencana penerapan ganjil genap itu akan dilakukan bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, dan akademisi.
Kegiatan ini sekaligus untuk membahas rencana perluasan kawasan larangan sepeda motor sampai dengan Bundaran Senayan. “Kalau hasil FGD ini oke, maka paling lambat September akan kami uji cobakan,” ujar Sigit.

FGD itu juga akan membahas rencana perluasan kawasan larangan sepeda motor sampai Bundaran Senayan. Jika FGD selesai, uji coba perluasan larangan sepeda motor juga akan dilakukan September. (joko)