Thursday, 24 August 2017

Encerkan Pembekuan Darah Secara Alami Dengan Buah-Buahan

Rabu, 9 Agustus 2017 — 9:21 WIB
Makanan Sehat Untuk Mengencerkan Darah Kental

SINDROM  darah kental atau pengentalan darah bisa membahayakan. Hal inilah yang dialami isteri Anang, Ashanti. Akibat pengentalan daerah yang dideritanya, Ashanti baru-baru ini mengalami keguguran.

Pengentalan daerah bisaa saja terjadi ketika darah kekurangan trombosit sehingga akhirnya sel darah saling menempel dan mengental. Untuk mengencerkan darah yang mengental, membeku atau sampai menempel, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Seperti dilansir Halosehat.com, ada beberapa jenis buah yang mampu membantu agar darah bisa lebih encer. Berikut  buah pengencer darah yang paling terekomendasi:

  1. Tomat

Tomat bukanlah buah yang sulit diperoleh, jadi tak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya. Bromelain yang terkandung di dalamnya akan membantu dalam masalah pembekuan darah.

Cara Mengolah: Sediakan tomat 3 buah saja beserta air secukupnya dan tomat kemudian bisa diiris menjadi beberapa potong yang kemudian dihaluskan atau diblender supaya cepat bersama air tadi. Setelah diblender dan halus teksturnya, tuang ke dalam gelas. Sehari bisa Anda konsumsi 2 kali untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh di saat yang sama.

    2. Nanas

Buah nanas adalah salah satu buah yang kerap dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol tinggi, namun sebenarnya kadar bromelain yang ada di dalam nanas juga menawarkan manfaat lainnya. Risiko pembekuan darah yang tak wajar dapat diminimalisir dan pembentukan plak pada arteri pun akan dapat dicegah dengan baik.

Cara Mengolah: Siapkan buah nanas 1 buah saja yang kemudian harus dikupas lebih dulu dan kemudian dipotong-potong. Setelah itu, lanjutkan dengan memblendernya hingga benar-benar halus. Jangan lupa untuk menambahkan air sedikit baru setelahnya dituang ke dalam gelas. Meminumnya setiap hari secara rutin akan mampu mengencerkan kembali darah yang beku atau kental.

   3. Mangga

Dalam buah mangga ada terkandung  vitamin E yang berperan baik sebagai antikoagulan atau pengencer darah. Jadi kita tak hanya bisa mendapatkan kesegaran buah mangga saja, tapi juga manfaatnya sebagai pengencer darah yang cukup efektif. Kandungan vitamin E-nya tersebutlah yang akan menjadi penghambat tingginya trombosit.

Cara Mengolah: Siapkan sebuah mangga yang kemudian bisa dikupas kulitnya. Potong daging buahnya kecil-kecil lalu kemudian lanjutkan dengan memblendernya sampai halus. Untuk mengatur tingkat kekentalan, silakan tambahkan air dan setelah itu tuang langsung ke dalam gelas. Konsumsilah sekali sehari secara rutin apabila memang ingin mendapatkan hasil terbaik bagi pengenceran darah.

    4. Kiwi

Buah kiwi yang kerap menjadi salah satu menu penting dalam diet tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan atau menyehatkan jantung saja. Buah kiwi adalah jenis buah yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi apabila mengonsumsinya sehari 2-3 buah dan itu artinya, untuk mengencerkan darah kiwi juga sangat terpercaya.

Cara Mengolah: Sediakan buah kiwi 1 buah yang harus dikupas lebih dulu. Setelah dikupas, pastikan untuk memotong daging buahnya kecil-kecil yang kemudian bisa dihaluskan atau diblender. Jangan lupa untuk menambahkan air secukupnya di mana ini untuk menentukan tingkan kekentalan sesuai yang Anda inginkan. Setelah jadi, langsung dituang saja ke gelas dan minumlah sehari 2 kali untuk hasil maksimal.

     5. Anggur Merah/Ungu

Buah satu ini juga tak salah lagi kaya akan vitamin dan mineral di mana salah satu manfaat yang ditawarkan adalah sebagai pengencer darah alami. Kandungan flavonoidnya yang termasuk tinggi pada anggur ungu mampu menghambat atau mencegah terjadinya darah beku. Anda bisa memilih untuk mengonsumsinya langsung 5-7 buah setiap harinya demi hasil maksimal, namun juga bisa membuat jus segar.

Cara Mengolah: Siapkan buah anggur (merah atau ungu) sebanyak 7 buah yang bisa dicuci lebih dulu sebelum diblender hingga benar-benar halus. Tambahkan air sedikit untuk mengatur tingkat kekentalannya, lalu tuanglah ke gelas yang telah disediakan sebelum kemudian bisa dikonsumsi. Buktikan efektivitas dari buah ini dalam mengencerkan darah beku atau kental dengan mengonsumsinya setiap hari secara teratur.

     6. Manggis

Buah manggis juga jangan sampai ketinggalan dari daftar buah yang hendak Anda konsumsi untuk mengencerkan darah. Darah kental atau beku juga dapat dinormalkan kembali dengan mengonsumsi buah manggis. Ingat juga bahwa ekstrak dari kulit manggis pun banyak dimanfaatkan untuk menjadi pengencer darah alami.

Selain menormalkan kembali aliran darah, mengonsumsi buah ini akan membantu proses suplai darah ke seluruh organ penting dalam tubuh. Bahkan buah serta kulit manggis akan menguntungkan bagi Anda sebab seluruh racun yang berbahaya akan dapat dibuang lewat proses pembuangan alami. Racun dari dalam tubuh biasanya akan dapat dikeluarkan lewat urine.

      7. Delima

Buah delima seperti kita ketahui adalah buah yang akan membantu mencegah jenis-jenis penyakit jantung, termasuk juga jantung koroner. Delima sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengonsumsinya secara teratur akan mampu mengencerkan kembali darah yang telah menjadi kental.

Mengonsumsi buah delima atau jus buah delima secara teratur setiap hari dalam waktu 3 bulan tanpa putus bisa memberikan efek terbaik.

       8. Jeruk Bali

Satu lagi buah yang dikenal baik untuk mengencerkan darah secara aman dan alami, yakni jeruk Bali. Bagi Anda yang suka dengan buah jeruk, jangan lewatkan untuk mengonsumsi jenis jeruk Bali secara rutin, terutama bila mengalami masalah pada kesehatan darah. Darah mengental dapat mengakibatkan beberapa penyakit serius.

Jadi, jangan tunda lagi untuk mengonsumsi buah sehat semacam jeruk Bali ini. Bahkan untuk yang kadar kolesterolnya begitu tinggi, Anda bisa mengonsumsi buah ini sebagai untuk menurunkan kadarnya.  Kolesterol tinggi  tak segera diatasi juga akan menjadi ancaman bagi kesehatan, terutama mampu menjadi pemicu penyakit jantung.

     9. Pisang

Buah pisang yang merupakan salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi,  tak hanya akan menurunkan risiko kram pada otot. Anda juga bisa membuktikan bahwa mengonsumsi 2-3 buah pisang per harinya mampu menjaga kesehatan dan keenceran darah. Karena di dalamnya terkandung bromelain juga, maka zat inilah yang bakal membantu mengencerkan darah kental.

Itulah sedikit informasi tentang buah-buah pengencer darah yang bisa coba Anda konsumsi demi mencegah penyakit-penyakit kronis yang dikarenakan pengentalan atau pembekuan darah.(Tri)