Thursday, 22 August 2019

Jumlah Korban Tewas Gempa Sichuan Terus Bertambah

Rabu, 9 Agustus 2017 — 12:58 WIB
Petugas penyelamat sedang menangani korban gempa. (reuters)

Petugas penyelamat sedang menangani korban gempa. (reuters)

CHINA  –  Jumlah korban tewas akibat gempa 7 SR yang terjadi di Sichuan, China bertambah. Sebanyak 13 orang dilaporkan tewas, termasuk di antaranya beberapa enam  orang turis.

Dilansir Xinhua, Rabu (9/8/2017), laporan terakhir yang diterima apda Rabu pagi menyebutkan sebanyak 175 orang menderita luka. Korban diperkirakan masih akan terus bertambah, mengingat banyaknya bangunan rusak.

Secara terpisah, gempa juga terjadi di wilayah Xinjiang, China barat laut, dengan kekuatan 6,6 pada skala Richter pada Rabu pagi. Namun, tidak ada laporan mengenai korban jika akibat gempa tersebut.

Badan kegempaan Sichuan mengatakan bahwa pusat gempa tersebut berada di prefektur Ngawa, yang sebagian besar dihuni oleh etnis Tibet, yang kebanyakan merupakan penggembala nomaden.

Akibat gempa, banyak turis yang berkemah di bandara Jiuzhaigou, menunggu penerbangan keluar. Bandara memang masih dibuka, namun banyak penerbangan tertunda.

gempa sichuan2

Ratusan turis lokal menumpuk di bandara Jiuzhaigou menunggu penerbangan pasca gempa. (reuters)

“Dalam perjalanan dari bandara ke hotel ada banyak mobil di jalan – itu terlihat kacau. Tidak ada yang akan memberikan informasi apapun kepada kami,” ucap seorang turis yang memiliki nama keluarga Zhang.

Hingga kini proses evakuasi dan pencarian korban selamat masih dilakukan ribuan tentara dan petugas penyelamat, yang diturunkan ke lokasi-lokasi yang terdampak parah. (embun)