Saturday, 17 August 2019

Sekjen MPR: Sidang Tahunan Forum Komunikasi Pemerintah & Rakyat

Kamis, 10 Agustus 2017 — 14:42 WIB
cerdas cermat mpr

JAKARTA (Pos Kota) – Sekjen MPR, Ma’ruf Cahyono, mengatakan demokrasi seyogyanya dibangun dengan pendidikan politik dan partisipasi masyarakat yang kuat.

Hal itu bisa dibentuk melalui kewajiban lembaga-lembaga negara memberikan penjelasan mengenai apa yang dilakukannya kepada publik.

“Sidang tahunan inilah diharapkan mampu menjadi satu forum memperkuat dan mengembangkan demokrasi melalui partisipasi masyarakat dengan informasi yang komprehensif,” ujarnya seusai membuka Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR di Senayan.

“Kepercayaan publik menjadi salah satu tujuan.”

Dijelaskannya, sidang tahunan yang difasilitasi MPR untuk sidang bersama DPR dan DPD terkait dengan nota keuangan RAPBN 2018 oleh Presiden Joko Widodo itu merupakan sarana komunikasi antara pemerintah selaku pelaksana kedaulatan rakyat dengan rakyatnya.

Pidato kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo sangat strategis karena menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara seperti MPR, DPR, DPD, BPK, MA, KY, dan MK, termasuk Presiden.

Agenda besar lainnya, Ma’ruf Cahyono menyebutkan diselenggarakannya Hari Konstitusi pada 18 Agustus dirangkai dengan grandfinal LCC 4 Pilar MPR tingkat SLTA se-Indonesia serta Debat Konstitusi Mahasiswa bertema: Reformulasi Rencana Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Puncaknya adalah “MPR Berdoa” sebagai Hari Bhakti MPR pada 29 Agustus dimana didapat hasil kesimpulan tentang perlu tidaknya GBHN menjadi suatu kebijakan nasional.

(rinaldi/sir)