Friday, 24 November 2017

Satgas Pangan Tinjau Harga Daging di Pasar

Jumat, 11 Agustus 2017 — 0:10 WIB
Harga daging di Lampung relatif

Harga daging di Lampung relatif

LAMPUNG (Pos Kota) – Jelang Hari Raya Idul Adha agar harga daging stabil dan stok mencukupi serta daging yang sehat, Satgas Pangan lakukan sidak ke beberapa pedagang daging di Pasar Smpe Bambu Kuning, Bandarlampung, pada Kamis (10/8) siang.

Ketua Satgas Pangan Dirreskrimsus Polda Lampung Kombes Pol Rudi Setiawan SIK bersama instansi terkait yakni dari Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Bulog, YLKI, bea cukai, BPOM, MUI langsung ke lokasi mengecek harga daging di beberapa pedagang.

Salah seorang penjual daging di Pasar Smep Sakimin yang sudah puluhan tahun berdagang mengakui kalau harga daging berkisar mulai harga Rp. 110 untuk pelanggan yang membeli daging dalam jumlah banyak dan Rp. 120 dijual kepada pembeli eceran.

“Untuk saat ini harga daging masih 110 sampai 120 per kg. Kalau boleh jujur harga beli sekarang masih mahal kisaran Rp. 45 ribu perkilogram sapi yang hidup dan daging yang bisa dijual hanya 40 persen sisanya tulang dan kulit yang harga jualnya lebih murah. Kami mengharapkan agar harga beli sapi bisa turun Rp. 40 ribu per Kg,” ujar Sakimin.

Setelah sidak ke pasar Satgas pangan melanjutkan ke tempat penggemukan sapi di PT Juang Jaya yang diterima.oleh Wiliam GM PT Juang Jaya. penggemukan sapi yang dilakukan di Juang Jaya berasal dari sapi import Australi.

Ternyata saat ditanyakan harga sapi di PT Juang Jaya memberikan harga Rp. 41 ribu sampai Rp.42 ribu kepada Rumah Potong Hewan (RPH) . Harga sapi jadi naik Rp.45 ribu karena pendistribusian dari RPH dan biaya pemotongan di RPH. (Koesma)