Sunday, 23 September 2018

Sawah di Cibarusah Kekeringan

Jumat, 11 Agustus 2017 — 1:15 WIB
Swah kering

Swah kering

BEKASI (Pos Kota) -Sejumlah lahan persawahan yang berada di Kecamatan Cibarusah terancam kekeringan akibat kemarau yang terjadi beberapa bulan belakangan ini. Terlihat banyak lahan sawah yang sudah retak-retak karena kekurangan pasokan air.

Soman, 45 petani asal Desa Ridogalih Cibarusah mengatakan kalau musim kemarau area persawan di Kecamatan Cibarusah terjadi kekeringan karena rata-rata persawahan merupakan sawah tadah hujan karena tidak adanya irigasi yang mengairi area persawahan.

“Jadi memang disini (Cibarusah) sawah tadah hujan, yang mengandalkan air hujan kalau musim kemarau seperti sekarang yah pasti pada kering” ucap Soman.

Dikatakan Soman, sejumlah petani mewaspadai bila masuk musim kemarau dengan tidak menam padi, namun cuaca untuk sekarang tidak bisa dipastikan terkadang dimusim kemarau terjadi hujan begitu juga sebaliknya.

“Jadi tidak ada patokan cuaca, untungnya banyak area persawahan yang belum ditanam kalau kering kan bisa rugi nantinya” ujar dia.

Sementara itu ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi Aspuri mengaku belum ada laporan dari Kecamatan Cibarusah tentang adanya kekeringan setelah masuk musim kemarau tahun ini, termasuk sejumlah relawan juga belum melaporkan (lina)
.