Thursday, 24 August 2017

Apa Kabar Orang Muda?

Sabtu, 12 Agustus 2017 — 7:33 WIB
teler

‘MERDEKA atau mati’, itu yel yel para pejuang nenek moyang kita ketika ingin merebut negeri ini dari cengkeraman penjajah. Pilihannya berat; ’hidup atau mati!’

Ya, itu dulu. Sekarang nggak lah. Kini, yang jelas sudah merdeka. Pilihannya hanya satu, kerja dan bekerja. Isi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan, terutama orang-orang muda, generasi yang bakalan meneruskan perjalanan negeri ini. Ambil tongkat estafet dari orang-orang tua. Dan yang tua juga harus rela lah memberikannya pada yang muda.

Sekali lagi ya, tak ada lagi kata lain, selain percayakan kepada orang-orang muda. Tapi bagaimana ya, yang muda sekarang ini lagi pada kena serangan gaya hidup yang nggak jelas. Terutama narkoba dan tindak kejahatan lain yang sangat merugikan masa depan mereka.

Kejahatan yang dilakukan orang-orang muda ini sudah sangat memprihatinkan, seperti geng-geng motor, dan kelompok yang lebih suka berfoya-foya dengan menenggak minuman keras dan narkoba.
Hampir setiap waktu, tawuran dan membacok orang lain yang nggak berdosa hinga luka dan tewas. Sebagian lainnya, hidup beler menikmati narkoba. Banyak kasus orang yang sudah kena narkoba ketagihan. Lalu tak mau lepas sampai mereka tak berdaya dan jiwa terenggut!
Lalu kepada siapa negeri ini akan diwariskan kalau generasi mudanya tak berdaya? Pada beler, mabok, tawuran saling bacok, membunuh? Wahai anak muda, siapa yang bakalan meneruskan membangun negeri ini?

Hemm, ingat sebagian ekonomi dan budaya sudah diserobot asing? Masa tenaga pemimpin juga mau impor? Ah, kebangetan deh! – massoes