Friday, 24 November 2017

Di Sukabumi Ada Rumah Uang Muka Nol Persen

Minggu, 13 Agustus 2017 — 7:57 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memecahkan kendi sebagai simbol pembangunan rumah tanpa uang muka.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memecahkan kendi sebagai simbol pembangunan rumah tanpa uang muka.

SUKABUMI (Pos Kota) – Rumah layak huni dengan uang muka nol persen alias tanpa uang muka kini bisa dinikmati oleh warga Kabupaten Sukabumi.

Itu terealisasi setelah adanya subsidi dari pengembang dan Pemkab Sukabumi membangun perumahan Cidahu Royal Residence berlokasi di Kampung Bojongpari, Desa Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

“Mudah-mudahan ini (perumahan) menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memilki rumah layak huni, khususnya untuk warga di wilayah ini,” ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami usai memecahkan kendi sebagai simbol dimulainya pembangunan perumahan.

Pengembang Cidahu Royal Residence, Teja Sukmana menjelaskan, nantinya akan dibangun sebanyak 750 unit rumah di lahan seluas 8,5 hektare. Tipe rumah sendiri yakni 36 dengan luas tanah 66 meterpersegi.

Dia memastikan nantinya akan dibangun juga berbagai fasilitas, seperti masjid, ruang terbuka hijau, dan sarana olah raga. Termasuk suplay air pun akan menggunakan layanan PDAM.

“Ini tanpa uang muka. Tapi calon konsumen cukup membayar biaya administrasi seperti untuk balik nama, sertifikat, notaris, akad, dan AJB sebesar Rp6,5 juta. Tapi itu bisa dicicil empat bulan,” ungkapnya.

Untuk besaran cicilan per bulannya, jika 20 tahun sebesar Rp825 ribu, 15 tahun yakni Rp991 ribu, dan 10 tahun sebesar Rp1,3 juta.

“Rumah ini tak boleh untuk investasi atau dikontrakan dan harus rumah pertama,” jelasnya.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Sukabumi Deni Gunawan menyambut baik terobosan rumah tanpa uang muka tersebut. Menurutnya, terobosan itu mendukung Sukabumi lebih baik.

“Dilihat dari persyaratannya juga cukup mudah. Saya sangat interest dengan program rumah bersubsidi ini, jadi memudahkan warga memiliki rumah layak huni,” tandasnya.

(sule/sir)