Tuesday, 12 December 2017

Harga Hewan Kurban Naik di Bogor

Minggu, 13 Agustus 2017 — 14:18 WIB
hewan kurban

BOGOR (Pos Kota) – Harga hewan kurban jenis sapi jelang Idul Adha 1438 Hijriah/2017 Masehi di Bogor alami kenaikan. Kisaran kenaikan harga antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta/ekor. Hal yang sama juga terjadi pada harga kambing yang naik antara Rp300 ribu/ekornya.

Kenaikan harga hewan kurban dari tahun sebelumnya, karena peternak dan penjual beralasan, biaya pakan dan perawatan mahal. Atas kenaikan harga ini, warga sudah mulai booking hewan kurban baik sapi maupun kambing.

Sudarno 43, seorang penjual sapi kurban mengatakan, harga sapi dewasa yang memiliki berat empat kuintal tahun lalu di kisaran Rp22 juta hingga Rp23 juta/ekor. Untuk tahun ini, sapi dengan berat yang sama, harganya naik menjadi Rp24 juta/ekornya.

Sementara untuk domba, jika tahun lalu di kisaran harga Rp2,5 juta/ekor, maka tahun ini dijual Rp2,7 juta hingga Rp3 juta/ekornya.

“Sekarang sudah banyak yang pesan. Mereka takut harga sapi naik lagi. Kami penjual senang-senang saja, kalau sekarang sudah banyak warga yang boking,”katanya.

Ia mengaku, walau ada kenaikan, namun tidak signifikan. Hal ini karena di Bogor, masih relatif mudah mencari pakan ternak.

“Di Bogor, masih banyak rumput jadi kami masih lancar di pasok dari pencari rumput. Kalau daerah lain seperti Bandung dan Jakarta, agak tinggi kenaikan harga hewan kurban, karena pasokan rumput dari luar daerah. Ya tergantung lingkungan sekitar,”paparnya.

Sebagai penjual, Sudarno mengaku, jika ada yang beli dalam jumlah besar, maka ia akan memberikan potongan harga, meski tidak terlalu besar.

“Bagi saya, tahun ini ada kenaikan harga hewan kurban, tapi tidak terlalu tinggi. Masih normal saja,”paparnya.
(yopi/sir)