Saturday, 25 November 2017

Militer Filipina Tembak Mati Komandan Kelompok Abu Sayyaf

Minggu, 13 Agustus 2017 — 16:20 WIB
Tentara Filipina  terus memburu kelompok militan di Marawi (reuters)

Tentara Filipina terus memburu kelompok militan di Marawi (reuters)

MANILA – Militer Filipina menembak mati satu dari pimpinan kelompok Abu Sayyaf yang ingin melakukan penculikan dan penyerangan satu kapan asing, Minggu (13/8/2017). Komandan kelompok Abu Sayyaf itu diketahui bernama Badong Muktadil.

Aljazeera, memberitakan, Minggu (13/8/2017), pasukan Filipina saat itu sedang berpatroli di perairan Pulau Jolo, 1.000 km dari Manila.

Menurut Brigjen Cirilito, Kelompok Abu Sayyaf itu menggunakan kapal kayu saat melancarkan aksinya.

Badong Muktadil disebut militer Filipinam, saat itu hendak melakukan penculikan, pembunuhan, dan penyerangan terhadap kapal-kapal asing yang berada di sekitar perbatasan Malaysia.

Muktadil sebelumnya pernah melakukan penculikan terhadap 3 ABK dari kapal berbendera Vietnam pada bulan Februari lalu, dan membunuh 1 orang awak kapal.

Satu orang ABK MV Giang ai juga tewas saat terjadi pertempuran antara pengikutnya dan pasukan pemerintah Filipina pada Juli lalu. Hingga saat ini, diduga kelompok Abu Sayyaf masih menahan 20 sandera, termasuk 14 orang asing di Pulau Jolo.

Kelompok Abu Sayyaf telah mendeklarasikan diri sebagai bagian dari ISIS. Salah seorang pimpinan Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon saat ini sedang berada di Kota Marawi dan sedang bertempur melawan pasukan pemerintah.

(*/sir)