Wednesday, 13 December 2017

Periksa Hewan Kurban, Pemko Jakbar Gandeng IPB Bogor dan PDHI

Minggu, 13 Agustus 2017 — 13:45 WIB
kurban3
JAKARTA  (Pos Kota) – Pemko Jakarta Barat (Jakbar) menggandeng IPB Bogor dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia untuk memantau hewan kurban di tempat-tempat penampungan di delapan wilayah kecamatan. Hal ini untuk memastikan kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1438 H.
 “Ada 50 petugas pemeriksa kesehatan hewan dari IPB dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia,” kata  Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakbar, Maysawitri Gumay Minggu (13/8/2017).
Nantinya petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, kalau tidak layak tidak boleh dijual. Hewan yang tidak layak disembelih karena mengidap penyakit ringan di antaranya penyakit mata, kurang umur, diare dan sebagainya.
Sesuai data tahun 2016 tercatat sebanyak 668 tempat penampungan hewan di Jakarta Barat. Sedangkan hewan kurban yang diperiksa sebanyak 8.508 hewan terdiri kambing, sapi, domba dan kerbau.
Dikatakan nantinya tim gabungan akan melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh hewan kurban yang berada di tempat penampungan. Selain itu, saat pemotongan hewan juga akan diterjunkan petugas untuk memantau. “Tahun 2016, petugas pemeriksa tidak menemukan hewan yang terkena penyakit berbahaya,” ujar Maysawitri. (Tarta/tri)