Wednesday, 13 December 2017

Setya Novanto Hilang, KY Mau Periksa Hakim

Minggu, 13 Agustus 2017 — 21:10 WIB
Komisi Yudisial

Komisi Yudisial

JAKARTA (poskotanews.com) –Komisi Yudisial (KY) akan melakukan penelusuran terkait hilangnya nama tersangka kasus E-KTP Setya Novanto dari putusan terdakwa Irman dan Sugiharto. KY akan fokus melakukan pemeriksaan terutama terhadap hakim yang menangani kasus ini.

“Ada proses yang harus dilalui dan kalau memang dibutuhkan hakim akan kami periksa,” ujar Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhar, Sabtu (12/8) malam sambil menambahkan dibutuhkan waktu untuk melakukan pemeriksaan itu.

Dikatakan, untuk semua ini diperlukan pengumpulan bukti-bukti yang cukup untuk memeriksa seluruh hakim yang tangani kasus E-KTP. “Soal kapan, kan ada prosedurnya. Ada waktunya kapan. Secara umum biasanya kami 60 hari, tapi tergantung. Ada waktu yang cepat sekali misalnya ada yang dua minggu bisa kami selesaikan,” katanya.

Majelis Hakim pengadilan Tindak Pidana korupsi tidak menyebutkan sejumlah nama yang sebelumnya dibeberkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto. Salah satunya nama Setya Novanto yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.(us)