Monday, 21 August 2017

Susah Payah Manchester City Kalahkan Pendatang Baru Brighton 2-0

Minggu, 13 Agustus 2017 — 5:34 WIB
Agurero pencetak gol  ke gawang Brighton & Hove Albion FC. (reuters)

Agurero pencetak gol ke gawang Brighton & Hove Albion FC. (reuters)

INGGRIS– Tidak mudah bagi Manchester City mengalahkan pendatang baru di Liga Inggris
Brighton & Hove Albion FC. Butuh waktu 70 menit agar bisa unggul, meski demikian awal yang baik bagi The Citizen dibandingka Chelsea yang kalah dari Burnley dan Liverpool ditahan imbang Watford.

Penghuni empat besar Liga Inggris musim lalu tinggal Tottenham Hostspur yang belum menjalani laga pembuka.

Pada laga yang dihelat di The American Express Community Stadium, Falmer, East Sussex, Sabtu (12/8/2017) jelang tengah malam tadi, akhirnya Man City menant 2-0 berkat gol Aguero pada menit ke-70 dan gol bunuh diri Dunk pada menit ke-75.

Hasil ini menempatkan The Citizens menjadi satu dari hanya dua klub sejauh ini yang membukukan kemenangan dengan margin lebih dari satu gol. Sementara City menempati peringkat kedua di bawah Huddersfield Town yang secara mengejutkan unggul telak 3-0 atas Crystal Palace.

Sejak menit awal dua duet Manchester City, Aguero dan Gabriel Jesus langsung mengurung pertahanan tuan rumah. Pada laga ini Guardiola menurunkan kiper Ederson dan dua bek sayap baru Kyle Walker serta Danilo melakukan debutnya untuk City.

Sedangkan tuan rumah lewat manajer Brighton Chris Hughton menitikberatkan pada sektor pertahanan. Ini terbutki bahwa Lini belakang The Seagulls tampil solid dan rapat menghadapi gempuran City.

Sejak menit awal City mendominasi laga, namun tidak memiliki kemampuan membongkar benteng kokoh Brighton.

Gabriel Jesus yang beberapa kali menciptakan peluang bahkan tampak frustasi. Bahkan striker muda Brasil itu sempat berhasil menceploskan bola ke dalam gawang usai menerima umpan brilian Kevin De Bruyne, namun wasit tak mengesahkan gol lantaran Jesus melakukan handball terlebih dahulu.

Tak lama kemudian,sundulan mantan pemain Palmeiras yang menyambut umpan Aguero digagalkan penyelamatan brilian Matt Ryan. Bola rebound yang disambar sendiri oleh Jesus juga urung berbuah gol karena terkena tiang. Babak pertama berakhir dengan imbang 0-0.

Berkat kesabaran pemain-peman City akhirnya kebuntuan pecah pada menit ke-70. Awalnya De Bruyne mencuri bola dari penguasaan Dale Stephens, sebelum mengalirkannya kepada David Silva dan nama terakhir ini memberikan sodoran terobosan mantap untuk Aguero yang melesatkan tendangan jitu ke tiang jauh.

City memantapkan kemenangan lima menit berselang. Lagi-lagi pressing ketat City membuat Brighton kehilangan bola, dan kali ini Fernandinho mengirim umpan silang dari sisi kanan. Dunk mencoba mencegah Jesus menanduk si kulit bulat, tapi sayangnya sang bek malah mencetak gol bunuh diri.

Gol Aguero ini memiliki kesan tersendiri karena dia telah mampu menjebol gawang 30 klub yang ada di Inggris. (B)