Friday, 20 September 2019

Jembatan Amblas Dilewati Truk Material, Warga Geram!

Senin, 14 Agustus 2017 — 13:08 WIB
Jembatan Amblas Dilewati Truk

DEPOK (Pos Kota) – Warga sekitar Kelurahan Cipayung yang biasa mempergunakan jalan alternatif menuju Kelurahan Ratujaya geram akibat kelalaian sopir truk pengakut barang material berupa batu hebel yang terperosok di jembatan kecil hingga amblas.

“Seharusnya sopir truk sudah melihat kondisi badan jembatan di anak kali tersebut yang terlalu kecil dan tidak bakal kuat menahan beban terlalu berat seperti itu,” ujar Hermanto, warga Cipayung, Senin (14/8) yang tidak dapat melintas di ruas jalan alternatif tersebut.

Pondasi jembatan jalan kampung tidak kuat untuk menahan beban berat seperti truk tiga perempat ini terlebih muatan cukup banyak, katanya kesal karena harus berputar cukup jauh menghindari jalan tersebut saat ingin ke Ratu Jaya atau Jl. Raya Citayam, Depok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Manto J, mengaku sudah menerima informasi terputusnya jembatan di anak Kali akibat muatan truk terlalu berat hingga merusak badan jembatan tersebut. “Kami telah turunkan 11 petugaske lapangan mengevakuasi truk dan menutup jalur jalan itu untuk memperbaikinya,” katanya.

Truk tiga perempat tersebut, tambah dia, terlalu berat sedangkan badan jembatan tidak kuat menahan sehingga amblas dan memutuskan [pondasi jembatan.

“Seharusnya ada larangan truk bermuatan berat tidak melintas ke jalan yang hanya memiliki lebar 3 meter ini,” ujarnya yang secepatnya diperbaiki.

(anton/sir)