Thursday, 19 July 2018

80 Km Trotoar Internasional Dibangun Hingga Akhir Tahun Ini

Selasa, 15 Agustus 2017 — 16:15 WIB
Kepala Seksi Perencanaan Prasarana Jalan dan Utilitas Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita

Kepala Seksi Perencanaan Prasarana Jalan dan Utilitas Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta tengah gencar mengkampamyekan penggunaan transportasi publik. Pengguna kendaraan pribadi diharapkan mau beralih menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan.

Dalam usaha itu, pembangunan trotoar yang ramah bagi pejalan kaki juga dinilai mempengaruhi warga untuk meninggalkan kendaraan pribadinya. Warga menggunakan pedestrian penghubung antar moda transportasi umum.

“Kalau transportasinya udah cukup bagus, gimana caranya orang mau diajak berjalan. Kami harus bangun fasilitas pejalan kaki yang aman, nyaman, dan bisa diakses siapa pun,” kata Kepala Seksi Perencanaan Prasarana Jalan dan Utilitas Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita, di Jalan Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2017).

Riri menjelaskan pada tahun 2017, Pemprov DKI tengah membangun 80 kilometer trotoar berstandar internasional yang ramah bagi penyandang disabilitas. Pembangunan trotoar tersebut ditargetkan rampung pada Desember 2017.

“Dari total 80 kilometer trotoar yang dibangun, 24 kilometer di antaranya dibangun oleh Dinas Bina Marga. Sementara itu, sisa 56 kilometer dibangun oleh Suku Dinas Bina Marga di lima kota administratif,” imbuh Riri.

Lebih lanjut Riri menerangkan beberapa pedestrian yang dibangun oleh Dinas Bina Marga antara lain di Jakarta Pusat yakni Kawasan Istiqlal dan Jalan Veteran. Di Jakarta Selatan dibangun di Jalan Mahakam, Jalan Barito, dan Jalan Kyai Maja.

Sementara itu di Jakarta Timur di Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Jalan Jatinegara Timur. Di Jakarta Utara dibangun di Kawasan Kota Tua dan Sunter dan di Jalan Kyai Tapa, Jakarta Barat.

(ikbal/sir)