Sunday, 18 November 2018

Begini Cara Kapolres Batu, Malang Rayakan HUT Kemerdekaan

Jumat, 18 Agustus 2017 — 1:23 WIB
Kapolres Batu, Malang, Jawa Timur,  AKBP Budi Hermanto

Kapolres Batu, Malang, Jawa Timur, AKBP Budi Hermanto

MALANG (Pos Kota) – Kapolres Batu, Malang, Jawa Timur, AKBP Budi Hermanto melakukan aksi ciamik dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Ia melakukan tandem di Paralayang sembari mengibarkan Bendera Merah Putih di atas langit Kota Wisata Batu, Jawa Timur, Kamis (17/8/2017).

Mantan Kasat Reskrim Jakarta Selatan ini mengatakan, banyak kegiatan perlombaan yang dilakukan masyarakat dalam momentum 17 Agustus, baik lomba balap karung, makan kerupuk sampai mengundang artis Ibukota Jakarta.

Namun, perwira polisi yang biasa disapa Budher memilih melakukan aksi Tandem di Paralayang Kota Wisata Batu sampai dengan landing di Lapangan Songgokerto, Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

“Di situ ada Bendera Merah Putih serta spanduk yang posisinya di bawah Bendera Merah Putih bertuliskan HUT RI Kemerdekaan ke-72, logo Jawa Timur dan tulisan Polres Batu. Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung aman, lancar dan kondusif,” ungkap Budher.

Menurut Budher, kegiatan yang dilakukannya itu sebagai bentuk rasa nasionalisme mengibarkan Bendera Merah Putih dan saling mengingatkan betapa sulitnya pejuang pahlawan bangsa mencapai kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

“Harapannya tentu dengan berkibarnya bendera tersebut mengingatkan kita akan kemerdekaan yang diperoleh saat ini tidaklah mudah,” kata pria yang akrab disapa Budher ini.

Lanjut Budher, bangsa ini merdeka berkat bersatunya semua golongan tanpa melihat dari agama, ras, suku. “Kemerdekaan dilakukan oleh berbagai suku, agama, ras. Maka, perbedaan itulah yang membuat Indonesia menjadi satu,” ujarnya.

Sebelum melakukan aksi Tandem Paralayang, mantan Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya ini juga memimpin pengibaran Bendera Merah Putih berukuran 1.000 meter persegi di Gunung Panderman. Aksi nasionalisme itu diikuti sejumlah kelompok pecinta alam, pelajar, mahasiswa dan anggota Polres Batu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena hal ini menumbuhkan jiwa nasionalisme dan menunjukkan kesadaran akan persatuan dan kesatuan Indonesia,” ungkapnya. (imam)