Sunday, 21 July 2019

Djarot Berharap Anies-Sandi Teruskan Persiapan Asian Games

Jumat, 18 Agustus 2017 — 11:49 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Provinsi DKI terus berbenah untuk menjadi tuan rumah gelaran akbar olahraga se Asia, Asian Games 2018. Berbagai persiapan dilakukan seperti pembangunan venue olah raga dan infrastruktur transportasi untuk menunjang gelaran itu.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memastikan persiapan uang dilakukan pada masa pemerintahannya tidak akan selesai. Djarot pun berharap pada pemerintahan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, persiapan Asian Games 2018 dapat diselesaikan hingga Jakarta siap bertindak sebagai tuan rumah.

“Kita harus kerjakan ini secara paralel. Sekarang saya fokus untuk meletakan dasar itu. Karena targetnya tidak bisa sampai dengan Oktober. Saya harapkan ini bisa dikerjakan Pak Anies dan Pak Sandi,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (18/8/2017).

Djarot menjelaskan, berbagai venue olah raga masih terus dipersiapkan. Selain Gelora Bung Karno (GBK), Senayan yang tengah proses renovasi, Pemprov DKI tengah membangun lintasan sepeda velodrom dan lintasan kuda atau equsitrian pacu di Jakarta Timur. Djarot menilai, percepatan pembangunan Equistrian di Pulo Mas harus dilakukan.

“Saya sudah pantau untuk velodrome cukup bagus. Insya Alah tahun depan sudah selesai. Equistrian juga sprrti itu. Tapi untuk equistrian saya perintahkan tahun depan harus sudah lebih cepat. Karena menyangkut masalah kesehatan hewan. Kuda-kuda harus datang jauh hari sebelumnya. Dan itu lebih rumit daripada velodrome,” terang Djarot.

Infrastuktur transportasi, disebut Djarot juga menjadi faktor penting sebagai penggelar hajat. Akses transportasi yang mudah dengan lalu lintas yang baik dipersiapkan pemprov. Dikatakn Djrot, pemprov juga tengah menyiapkan jalur pedestrian dengan lebar mencapai 10 meter di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman.

“Antara Jalan Thamrin-Sudirman saya janjikan tahun depan selesai. Begitu dinilai kekurangannya berapa langsung kita kerjakan untuk pembangunan trotoar 5-10 meter. Ini juga bersamaan tahun depan stasiun (MRT) sudah selesai. Stasiun di Senayan sudah selesai, di Mlok M, Bendungan Hilir selesai setelah itu nyambung,” pungkas Djarot.

Gelaran Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang merupakan kesempatan kedua bagi Indonesia untuk meyelenggarakan multi event olahraga se Asia itu. Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada era Presiden Sukarno tahun 1962 dengan Jakarta sebagai pusat gelaran.

(ikbal/sir)