Saturday, 17 August 2019

Dua Gadis Kakak Beradik Menghilang, Diduga Pergi Jihad

Jumat, 18 Agustus 2017 — 18:20 WIB
Foto keluarga Neng Vinda Mulawati,, dan Silviana Budiman

Foto keluarga Neng Vinda Mulawati,, dan Silviana Budiman

SUKABUMI (Pos Kota) – Keberadaan kakak-beradik, Neng Vinda Mulawati, 24, dan Silviana Budiman, 17, warga Kampung Sukaresmi, Desa Bojongkerta, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hingga kini masih misterius.

Diketahui, Neng yang masih duduk di bangku kuliah perguruan swasta semester lima di Kota Sukabumi sambil bekerja di pabrik serta Silviana di bangku SMK swasta ini minggat dari rumahnya sejak Selasa (8/8/2017). Sebelum minggat, mereka sempat mengutarakan kepada ibunya Dewi Belawati, 41, hendak berjihad ke Suriah.

Namun, saat itu Dewi menganggap keinginan jihad kedua putri dari berbeda ayah ini hanya guyonan.

Menurut Dewi, si Neng kuliah sambil bekerja di PT GSI dan kost di Kampung Cioray, Desa Bojong Raharja, Kecamatan Cikembar. Adiknya, Silviana memang sering main hingga menginap di kos-an kakaknya.

“Saya mengecek ke kosan, keduanya berangkat menggunakan angkutan umum pada Selasa (8/8/2017) lalu. Memang, si Neng pernah ngomong pengen berjihad ke Suriah. Tapi saya waktu itu anggap mungkin hanya sekadar bercanda,” ungkap Dewi, Jumat (18/8/2017).

Dalam kehidupan sehari-hari kedua anaknya itu memang bersyariah. Keduanya tak pernah lepas dari kerudung. Kalau lagi di rumah, biasanya pulang Sabtu, tidak suka keluar rumah. Kedua putrinya itu cenderung berdiam diri di kamar sambil mendengarkan lagu-lagu Timur Tengah.

“Saya sudah melaporkannya ke Polsek Cikembang. Neng dan Silvi segeralah pulang. Ibu kangen,” cetusnya.

kakakadikilang

Diakui Dewi, beberapa hari setelah menghilang dia menemukan buku bertuliskan 100 target, catatan milik Silviana. Isi catatannya itu di antaranya ingin membahagiakan Dewi, membeli rumah dan mengajak keluarga besarnya berhaji.

“Termasuk dia ingin pulang ke Ambon melihat kampung halaman neneknya. Di catatan itu Silvi juga bercita-cita untuk mengunjungi Mesir, menjadi anggota ormas dan berkeliling ke Mekkah dan Madinah,” ungkapnya.

Dijelaskan Dewi, Neng dan Silvi itu berbeda ayah. Neng Vinda hasil pernikahannya dengan orang Bogor, sementara Silvi dari suaminya asal Ambon yang kini sudah meninggal. (sule)