Wednesday, 19 September 2018

Panjat Pinang Berhadiah Sepeda, Warga: Ayo Jangan Nyerah

Minggu, 20 Agustus 2017 — 21:29 WIB
panjat pinang

JAKARTA (Pos Kota) – Semarak perayaan kemerdekaan masih terasa. Di antaranya yang dilakukan warga RT 13 RW 16 kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka merayakan Hari Ulang Tahun ke 72 RI dengan tradisi panjat pinang, Minggu (20/8/17).

Suasana meriah mewarnai lomba itu. Warga berteriak bersahutan memberi semangat peserta lomba.

Banyak yang bertepuk ketika jagoannya memimpin. Tak sedikit yang tertawa lepas begitu melihat peserta jatuh. “Ayo bangun, jangan menyerah,” teriak satu warga.

Batang pinang setinggi 9 meter yang dilumuri minyak oli membuat para peserta harus berjuang keras untuk dapat mengambil berbagai macam hadiah yang digantung di puncak batang pinang. Hadiah seperti sepeda, pakaian, jam dinding , alat rumah tangga, elektronik senilai sepuluh juta rupiah membuat para peserta bahu membahu untuk mendapatkannya.

peserta panjat pinang

Sutrisno , panitia, mengatakan kegiatan digelar dengan partisipasi masyarakat yang bertujuan merayakan hari kemerdekaan kita. Ia juga mengatakan tak sekedar seru tapi lomba panjat pinang juga punya menyimpan pendidikan.

“Tradisi panjat pinang sarat dengan pelajaran bagi kita. Bahwa untuk mendapatkan cita cita yang tinggi butuh perjuangan, kerjasama, kekompakan,” ujarnya. “Di samping itu kegiatan ini juga untuk mempererat tali persaudaraan dan persahabatan diantara kami.” (mo6/yp)