Friday, 20 September 2019

Polisi Bilang Kuasa Hukum Habib Rizieq Terlalu Mengada-ada

Minggu, 20 Agustus 2017 — 14:20 WIB
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan.(yendhi)

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan.(yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan jika kuasa hukum Habib Rizieq Shihab terlalu mengada-ada saat menyebut puluhan pertanyaan telah diajukan kepada penyidik terhadap pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu.

“Ah kata siapa, enggaklah, nggak sampai puluhan pertanyaan, itu terlalu mengada-ada,” kata Adi di Mapolda Metro Jaya, Minggu, (20/8/2017).

Meskipun begitu, ia membenarkan penyidik telah terbang ke Arab Saudi untuk memeriksa langsung Habib Rizieq. Namun, ia enggan membeberkan materi yang disampaikan penyidik terhadap Habib Rizieq lantaran itu adalah ranah penyidik bukan untuk konsumsi publik.

Dikatakan Adi, beberapa kasus yang ditanyakan penyidik mengenai semua kasus yang tengah menjerat Habib Rizieq termasuk kasus dugaan chat pornografi dengan Firza Husein yang ditangani Direktoratnya.

“Ya pasti, kan gini konteksnya kita nggak tahu karena yang berangkat siapa kita juga belum memonitor tetapi kalaupun itu seperti itu pasti tidak jauh dari apa yang kepentingan pak habib diambil keterangannya kan gitu. Yang pasti termonitor sementara oleh saya Krimsus Metro (Ditreskrimsus Polda Metro Jaya) menangani kasus yang chat dengan tersangk FH itu,” pungkasnya.

Sebelumnya saat dikonfirmasi Sugito Atmo Pawiro tim kuasa hukum Habib Rizieq mengatakan, setidaknya ada lima penyidik yang memeriksa Habib Rizieq di Arab Saudi dan mengajukan puluhan pertanyaan. “Saya agak lupa waktu itu, tapi sekitar 50-an pertanyaan,” katanya.
(yendhi/sir)