Saturday, 23 September 2017

Insiden Bendera Terbalik, Kedubes Malaysia Didemo

Senin, 21 Agustus 2017 — 14:55 WIB
Ratusan massa dari Laskar Merah Putih membentangkan berbagai spanduk protes saat berunjukrasa didepan kantor Kebumen Malaysia di jalan HR Rasuna Said, Kuningan (rihadin)

Ratusan massa dari Laskar Merah Putih membentangkan berbagai spanduk protes saat berunjukrasa didepan kantor Kebumen Malaysia di jalan HR Rasuna Said, Kuningan (rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Sejumlah orang yang tergabung dalam Laskar Merah Putih berunjuk rasa di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Senin (21/8/2017). Aksi digelar terkait insiden pemasangan bendera Indonesia terbalik dalam buku pedoman SEA Games 2017.

Aksi dilakukan dengan membentangkan aneka spanduk, di antaranya bertuliskan ‘Kami Tak Akan Tinggal Diam Ketika Bendera Kami Kau Rendahkan’.
Bahkan ada yang memanjat pagar kedubes untuk memasng spanduk besar.

demo8

Aparat polisi menjaga demo itu. Mereka juga mengatur lalulintas di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, agar tak terjadi kemacetan.
“Kasus bendera terbalik harus diusut tuntas,” ujar Adek Erfil Manurung, Ketua Umum Laskar Merah Putih.

Pemasangan bendera terbalik di buku panduan SEA Games 2017 terungkap ketika Menpora Imam Nachrawi menyampaikan kekecewaannya melalui akun pribadinya di Twitter.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia kemudian membalasnya cuitan itu menggunakan akunnya di Twitter. Ia juga menemui Menpora Imam Nachrowi untuk menyampaikan permohonan maaf dan menyebut tak ada niat sengata memasang gambar bendera terbalik di buku tersebut. Bahkan, ia akan menarik seluruh buku panduan itu dan membuat buku baru yang akan dikirim ke semua delegasi peserta SEA Games 2017.

Presiden Joko Widodo pun telah angkat bicara. Ia menyesalkan insiden itu karena bendera Merah Putih adalah hal yang dibanggakan bangsa Indonesia. Tapi presiden juga minta untuk tak membesar-besarkan masalah itu. (rihadin/yp)