Thursday, 20 September 2018

Jerry Lewis Komedian AS Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun

Senin, 21 Agustus 2017 — 11:24 WIB
Jerry Lewis

Jerry Lewis

LOS ANGELES (Pos Kota) – Jerry Lewis, komedian ternama baik di panggung dan di film  Amerika serikat meninggal pada usia 91 tahun.Keluarganya mengatakan,  Lewis meninggal karena sebab alami di rumahnya di Las Vegas pada hari Minggu didampingi keluarganya.

Dia dirawat di rumah sakit selama sekitar lima minggu setelah  pada awal Juni terkena infeksi saluran kemih, dalam  perjalanan ke Toronto untuk tampil dalam sebuah film,  kata juru bicaranya, Candi Cazau, kepada Reuters. Lewis menjadi terkenal sebagai tokoh konyol yang  bersahabat dengan Dean Martin.

Di rumah, ia dicintai dan dicemooh, sementara di Prancis, ia menjadi ikon komik. Dia pernah menyimpulkan karirnya dengan mengatakan “Saya telah sukses besar dengan total idiot” dan mengatakan bahwa kunci suksesnya tersebut dengan mempertahankan kualitas seperti anak-anak tertentu.

“Saya melihat dunia melalui mata seorang anak karena saya berusia 9 tahun,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada bulan November 2002. “Saya tetap seperti itu, saya berkarier darinya, itu tempat yang indah.” Jim Carrey, aktor yang memiliki hutang berat kepada Lewis, segera memberikan penghormatan kepada pelawak itu setelah mendapat kabar kematiannya.

“Orang tolol itu tidak bodoh,” tulis Carrey. “Jerry Lewis adalah seorang jenius yang tak terbantahkan berkat yang tak terduga, komedi mutlak! Saya jadi karena dia!” Lewis berusia 87 ketika film terakhirnya, “Max Rose,” keluar pada tahun 2013, bermain sebagai pianis jazz yang mempertanyakan pernikahannya setelah mengetahui istrinya berusia 65 tahun mungkin tidak setia.

Anak dari penghibur vaudeville, Lewis menjadi bintang di awal 1950-an sebagai sahabat karib Martin di klub malam, di televisi dan di 16 film. Pada puncaknya, mereka menyalakan semacam histeria kipas yang pernah mengelilingi Frank Sinatra dan the Beatles.

Kemitraan mereka selama satu dekade berakhir dengan perpecahan yang pahit dan Lewis kemudian membintangi komedi filmnya sendiri. Personel film Lewis, seperti karakter yang dia ciptakan dalam aktingnya bersama Martin, sedikit bervariasi dari film ke film. Dia kaya dan maniak, selamanya memekik, meringis dan mengayunkan jalan melalui situasi di luar kendalinya.

Dia membintangi lebih dari 45 film dalam sebuah karir yang mencakup lima dekade. Kejenakaannya yang bermata silang sering kali mendapat cemoohan dari kritikus, tapi kali ini dia adalah seorang artis yang meraih box office dengan pendapatan terbesar di Hollywood.

Gedung Putih mengatakan Lewis telah membuat orang tertawa selama lebih dari setengah abad dan memujinya sebagai salah satu penghibur dan kemanusiaan terbesar. “Jerry menjalani American Dream – dia benar-benar mencintai negaranya, dan negaranya mencintainya,” kata pernyataan dari sekretaris pers Presiden Donald Trump.(Tri/reuters)