Saturday, 17 August 2019

Turap Kali Ambrol, Akhirnya Diperbaiki

Selasa, 22 Agustus 2017 — 9:56 WIB
Sejumlah pekerja sedang memperbaiki turap yang ambles. (wandi)

Sejumlah pekerja sedang memperbaiki turap yang ambles. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Ambles akibat tergerus saat normalisasi, akhirnya turap di kali betik disamping pertamina Plumpang, Sepanjang 90 meter di Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara akhirnya diperbaiki. Sejumlah 15 orang Pekerja Harian Lepas diturunkan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara untuk memperbaiki turap di kali tersebut.

Kali Betik, Kelapa Gading, ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan ini terjadi dikarenakan kondisi turap yang sudah sangat rapuh dan adanya pengerukan lumpur sehingga menyebabkan turap tersebut ambles.

Kasatpel Suku Dinas SDA Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana mengatakan, panjang kerusakan turap Kali Betik yang ambles itu mencapai 87 meter. Pihaknya sudah menurunkan 15 Pekerja Harian Lepas (PHL) untuk memperbaiki turap tersebut. Pengerjaan perbaikan ini sudah dilakukan sejak dua minggu lalu.

“Penyebab ambrolnya turap karena kondisinya sudah rapuh. Selain itu beberapa waktu lalu juga ada normalisasi kali, kemungkinan pengerukan itu terlalu kepinggir sehingga ambles, makanya kami perbaiki” kata Rukmana.

Melihat tinggi turap yang rusak mencapai 1,5 meter dengan ketebalan 25 sentimeter, Ia memprediksi, perbaikan turap di saluran ini akan memakan waktu kuang lebih hingga satu bulan kedepan. Meski begitu dirinya meyakini akan tercapai karena hingga saat ini sudah hampir 30 persen.

Diakui oleh Rukmana, memang akibat amblesnya turap tersebut membuat kali menjadi sempit. Jika ini tidak segera dilakukan perbaikan dikhawatirkan jika hujan sebentar saja dan banjir akan menggenangin pemukiman warga.

“Kami berharap setelah selesai, perbaikian wilayah yang dilintasi kali betik akan terbebas dari genangan,” tandasnya.

(wandi/sir)