Tuesday, 17 September 2019

Pemekaran Otonomi Daerah Baru Investasi Politik

Rabu, 23 Agustus 2017 — 8:48 WIB
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. (Ist)

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru (FORKONAS-PPDOB) Seluruh Indonesia mendesak pemerintah segera merealisasikan pemekaran daerah-daerah otonomi baru (DOB).

“Pemekaran daerah merupakan investasi politik pada 2019. Tetapi, jika tidak direalisasikan, kami tidak akan mendukung 2019 nanti,” ujar Sehan Landjar, perwakilan Forkonas PPDOB, kepada wartawan parlemen Senayan.

Semangat segera direalisasikannya PPDOB oleh pemerintah, diakuinya, sesaat bertemu dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang diketuai Oesman Sapta Odang di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen Senayan, sehari sebelumnya.

“Kami mengapresiasi DPD RI yang secara jelas dan tegas berdiri bersama dan mau memperjuangkan Daerah Otonomi Baru,” jelasnya. “DPD RI menjadi dapurnya daerah dan selalu mendukung perjuangan kami untuk mendapatkan otonomi baru. Kami juga mendesak PP Desertada dan Penataan Daerah harus segera ditanda tangani.”

Dukungan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang, itu secara tegas menyatakan dukungannya untuk DOB sekaligus berharap para penggagas DOB tidak hanya berani berucap tetapi juga berupaya melalui perbuatan dan menegakkan konstitusi.

“Maksud dan niat saudara-saudara sudah saya ketahui, pada Sidang Bersama 16 Agustus 2017 lalu pesan dan keinginan saudara sudah saya sampaikan pada pidato saya saat memimpin Sidang Bersama di depan Presiden RI dan ditonton seluruh rakyat Indonesia, saya menyatakan bahwa tuntutan daerah untuk mekar adalah untuk mendapatkan kesejahteraan,” tandasnya.
(rinaldi/sir)