Sunday, 27 May 2018

Penunggak Pajak Mobil Mewah Akan Didatangi Penagih Pajak

Rabu, 23 Agustus 2017 — 10:49 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) РSetelah mendatangi rumah Raffi Ahmad,  petugas penagih pajak akan terus mendatangi sejumlah publik figur lainnya yang punya mobil mewah. Sebab, dari sekitar 4.000 mobil mewah di Jakarta, ternyata yang nunggak pajak sangat banyak yakni 1.700 unit dengan nilai rupiah Rp 400 miliar.

“Kami bersama Ditlantas Polda Metro Jaya akan terus mendatangi rumah publik figur pemilik mobil yang harganya di atas Rp 2 miliar. Mereka diingatkan perlunya melunasi pajak kendaraan bermotor (PKB) sesuai aturan yang berlaku,” ujar Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Edi Sumantri, Rabu (23/8/2017).

Kemarin, dia bersama Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Halim Pagarra menyambangi rumah Raffi Ahmad di Jaksel.

Selain menyambangi kediaman pemilik mobil mewah, BPRD juga memberikan memanggil komunitas pecinta mobil mewah dan motor gede.

Sedikitnya 25 komunitas dipanggil ke kantor BPRD di Jl Abdul Muis, Jakpus, untuk diberikan arahan agar tertib pajak.  Komunitas yang diundang antara lain dari klub Lamborghini, Ferari, Porsche, Land Rover, Bently, Roll Royce, Harley Davidson, dan sebagainya.

Di Jakarta terdapat sekitar 4.000 mobil mewah. “Hampir setengahnya menunggak pajak. Lebih dari 1.700 unit yang belum lunas pajak yang jumlahnya sekitar Rp 400 miliar,” ungkap Edi.

Ia yakin tunggakan pajak ini bukan karena mereka tidak punya uang, tapi memang pada dasarnya tingkat kesadaran terhadap pajak masih sangat rendah.

“Kami terus sosialisasikan kepada mereka agar memanfaatkan program pembebasan sanksi denda PKB meliputi perpanjangan STNK dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) hingga tanggal 31 Agustus. Selepas dari itu akan dilakukan razia terus-menerus dengan sanksi berat,” kata Edi. Kendaraan yang tunggak pajak lebih dari tiga tahun akan dikandangkan dengan denda penyitaan Rp 500 ribu/hari. (Joko/tri)