Friday, 24 November 2017

Kaki-5 dan Parkir Liar Ditertibkan dari Trotoar, Dua Provokator Diamankan

Kamis, 24 Agustus 2017 — 19:14 WIB
BTT(yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Dalam rangka menindak-lanjuti Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Bulan Tertib Trotoar (BTT) tim gabungan Satpol PP, TNI, Polri, Dishub dan instansi terkait melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di beberapa ruas jalan Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kamis, (24/8/2017).

Dalam kegiatan tersebut juga ditindak sejumlah kendaraan yang menggunakan trotoar atau bahu jalan sebagai tempat parkir. Selain itu, beberapa pohon dan papan reklame juga turut dirapikan.

Alhasil, beberapa gerobak dan barang-barang milik pedagang dibawa ke gudang di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sedangkan puluhan kendaraan juga terpaksa diangkut dan dibawa ke Suku Dinas Perhubungan.

BTT (yendhi)

Kepala Satpol PP Kecamatan Tambora, Ivand Sigiro mengatakan kegiatan dimulai dengan melakukan apel di RPTRA Kalijodo. Kegiatan sendiri merupakan tindak lanjut dari intruksi Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat tentang Bulan Tertib Trotoar.

Sebelum melakukan tindakan, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada sejumlah pedagang , namun karena tidak digubris akhirnya dengan terpaksa ditertibkan.

Meski begitu, dalam penertiban tersebut sempat terjadi perlawanan dari beberapa orang yang tidak terima lapaknya di bongkar dan ada pengemudi yang keberatan kendaraannya diderek petugas. Namun setelah diberi pengarahan orang yang diduga sebagai provokator tersebut bisa mengerti.

“Dua orang provokator diamankan di kecamatan karena ada kesalahpahaman antara kedua provokator dan anggota dishub maka dibuat surat pernyataan bersama, yang intinya permasalahan diselesaikan dengan kekeluargaan. Setelah di beri pengarahan oleh kami kedua provokator dikembalikan,” kata Ivand.

Selain melibatkan 141 personil gabungan dalam kegiatan tersebut juga melibatkan beberapa kendaraan pengangkut dan menderek untuk mengangkut hasil razia, alat las dan pemotong kayu juga disiapkan.

Hasilnya, 4 lapak PKL dibongkar, 2 gerobak diangkut, 4 mobil diderek, 14 mobil ditilang, 2 motor ditilang dan 25 motor diangkut. Selain itu, barang-barang pedagang PKL turut diamankan. (Yendhi)