Tuesday, 18 September 2018

Akui Hapus Anggaran, Bappeda Jamin Pada 2018 RPTRA Tetap Dibangun

Senin, 28 Agustus 2017 — 17:46 WIB
rptra

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda) DKI Tuty Kusumawati mengaku menghapus anggaran untuk pembelian lahan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) 2017.

Tuty mengatakan penghapusan anggaran di lima wilayah kota tersebut karena waktu tidak mencukupi hingga akhir tahun. Ia beranggapan bila tidak dihapus akan terjadi sisa lebih perhitungan anggaran (silpa).

“Ini cuma karena gak ada waktu aja, jadi kan Walikota baru mau diberi penegasan tahun ini, sebelum-sebelumnya kan engga pembelian lahan. Jadi adanya proses mengukur di BPN, adanya segala rupa proses memerlukan waktu. Dihitung-hitung tidak mencukupi lagi,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (28/8/2017).

Tuty menegaskan, meski anggaran pembelian lahana RPTRA dihapus dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD 2017 pembangunan RPTRA akan tetap dibangun pada 2018.

“Adapun lokasinya masih bisa ditambahkan seusai dengan ketersediaan lahan yang ada melalui optimalisasi aset-aset Pemprov yang  sudah ada. Yang jelas di RKPD sudah ada, dan itu kan belum ditutup belum diputuskan jadi artinya ketika melakukan pembahasan dimungkinkan untuk penebalan volume,” imbuh Tuty.

Menurutnya, pembebasan lahan bukan satu-satunya sumber untuk pembangunan RPTRA. Soalnya, masih bisa dibangun di atas aset-aset daerah.

“Pembangunan tetap ada. Jadi lahan yang akan dibebaskan ini bukan satu-satunya sumber lahan yang akan dimanfaatkan itu kan plan A. Kalau plan A gak bisa, pakai plan B dengan cara optimalisasi aset,” tutup Tuty. (ikbal/yp)