Monday, 23 October 2017

Bisnis Istri Andi Narogong: dari Rompi Anti Peluru Sampai Water Cannon

Senin, 28 Agustus 2017 — 21:05 WIB
Andi Narogong

Andi Narogong

JAKARTA (Pos Kota) – Inayah, istri Andi Narogong, ternyata punya banyak bisnis. Mulai dari menyediakan berbagai perlengkapan TNI dan Polri hingga water cannon.

Hal itu terungkap dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (28/8/2017). Inayah memberi kesaksian bagi terdakwa Andi Narogong.

Ia mengatakan menyediakan barang dan jasa dalam bentuk proyek. Termasuk water cannon.

“Banyak yang saya tangani. Ada water cannon. Logistik Polri dan Angkatan Darat, Kaporlap, ada peralatan,” ujar Inayah pada majelis hakim.

Dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Inayah mengungkapkan sering menjadi penyedia barang dan jasa untuk TNI-Polri. termasuk menyediakan kaos loreng hijau, ponco, baret, emblem. Juga penyediaan perlengkapan lapangan bahkan pengadaan peralatan kepolisian seperti rompi anti peluru dan water cannon. “Dari 2001 sampai 2010 dengan kepolisian dan TNI,” katanya.

Menurutnya, proyek pengadaan barang dan jasa itu nilainya bervariasi. Ada ya ng Rp1 miliar, Rp2 miliar, Rp5 miliar. Pengadaan dengan TNI-Polri dilakukan sejak 2001 hingga 2010.

“Pengadaan water cannon pernah di atas Rp10 miliar,” ucapnya. Ia mengatakan semua usahanya berbeda dengan Andi Narogong.

Andi Narogong didakwa merugikan negara Rp2,3 miliar dalam proyek e-KTP. Jaksa menduga ia terlibat dalam suap proses penganggaran di DPR RI tahun anggaran 2011-2013. Ia juuga didiga berperan dalam pengarahan dan mememangkan konsorsium pelaksana proyek pengadaan KTP-el tersebut. (ikbal/yp)