Wednesday, 21 November 2018

Indonesia Akan Kuasai Freeport

Selasa, 29 Agustus 2017 — 20:23 WIB
Luhut Binsar Panjaitan

Luhut Binsar Panjaitan

JAKARTA (Pos Kota) –Indonesia pada 2018 akan menjadi pemilik PT Freeport Indonesia. Setidaknya Indonesia akan memiliki saham itu 30 persen dari total 51 persen yang telah disepakati.

Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan divestasi sahamnya hingga 51% itu telah disepakati PT Freeport sesuai keinginan dari pemerintah Indonesia. “Ini menjadi satu dari tiga kesepakatan yang disepakati antara pemerintah dan Freeport,” tambah Luhut, Selasa (29/8).

Saat ini saham pemerintah di Freeport baru 9,36%. “Jadi kalau saja tidak keliru, 30 persen itu harus selesai di 2018. Jadi kita berharap 2021 nanti akan selesai 51%,” katanya lagi. Luhut belum mengungkapkan bagaimana mekanisme divestasi tersebut dilepas secara detil.

Termasuk siapa calon pembeli saham tersebut, yang saat ini juga belum ada kepastian. Proses tersebut harus segera diselesaikan untuk mengejar target pembelian 51% saham hingga tahun 2021 tersebut. “Nanti masih dikumpulin mereka konsorsiumnya siapa saja, dari BUMN-BUMN itu,” ujar Luhut.

Selain BUMN holding dari pertambangan serta Pemda juga memungkinkan untuk bisa berkontribusi. Khusus Pemda, diperkirakan akan mendapatkan bagian 5 persen saham Freeport. “51% itu kan masih dibagi. 5% nanti mungkin ke Pemda tingkat I tingkat II,” jelasnya.(us)