Tuesday, 13 November 2018

Oktober, Warga Kelurahan Manggarai Bakal Punya RPTRA

Minggu, 3 September 2017 — 11:44 WIB
Pemko Jaksel tahun ini membangun 20 RPTRA dengan biaya APBD Rp31,4 miliar. Di antaranya di Jln Manggarai Utara VI RT 08/01 Kelurahan Manggarai, Tebet. (Rachmi)

Pemko Jaksel tahun ini membangun 20 RPTRA dengan biaya APBD Rp31,4 miliar. Di antaranya di Jln Manggarai Utara VI RT 08/01 Kelurahan Manggarai, Tebet. (Rachmi)

JAKARTA  (Pos Kota) РHarapan warga Kelurahan Manggarai untuk memiliki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) bakal segera terwujud. Pembangunan sarana publik di Jln Manggarai Utara VI RT 08/01, Tebet ini pun dikebut Pemko Jakarta Selatan dan ditargetkan rampung pada Oktober dengan biaya APBD DKI Jakarta.

“Kami tentu senang sekali dengan hadirnya RPTRA di kawasan Manggarai karena sangat penting sebagai wadah interaksi sosial, sehingga warga makin akrab dan kompak,” kata Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Manggarai, Indra, Minggu (3/9/2017).

Camat Tebet, Mahludin didampingi Lurah Manggarai, Budi Santoso menjelaskan di wilayah Manggarai hingga kini belum memiliki RPTRA. Sementara warga setempat mendambakan tersedianya fasilitas publik itu seperti halnya di kelurahan lainnya.

“Dari beberapa kali survei lokasi, kami mengusulkan pembangunan RPTRA di Taman Jahit di Manggarai Utara VI RT 08/01 yang merupakan lahan Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Kehutanan,” ujar Mahludin.

Budi Santoso, Lurah Manggarai menambahkan RPTRA memang sangat dibutuhkan masyarakat, termasuk di antaranya sebagai sarana bermain anak.

“Di wilayah Manggarai, tempat bermain anak sangat terbatas. Sehingga keberadaan RPTRA di tengah masyarakat dapat dimanfaatkan segenap warga hingga warga lansia,” imbuhnya.

Sebelumnya Walikota Jaksel, Tri Kurniadi mengatakan di Kelurahan Manggarai akan dibangun 2 RPTRA. Satu dibangun dengan biaya APBD dan satunya oleh pihak swasta. Tapi yang melibatkan dana CSR masih dalam tahap perundingan.

“Tahun ini kami membangun 20 RPTRA dengan anggaran APBD DKI Rp31,4 miliar. Tanpa pembebasan lahan, karena seluruhnya memanfaatkan aset Dinas Kehutanan DKI,” jelasnya.

Selain di Manggarai, 20 RPTRA yang sedang dibangun antara lain di Jatipadang, Cipedak, Menteng Atas, Gandaria Utara, Cipete Utara, Kebayoran Lama Utara, Cipulir, Tebet Timur, Duren Tiga dan Srengseng Sawah. (Rachmi)