Monday, 20 May 2019

Soal Larangan Motor di Rasuna dan Sudirman, Ini Kata Menhub

Senin, 4 September 2017 — 21:36 WIB
Menhub Budi Karya

Menhub Budi Karya

JAKARTA (Pos Kota) –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku tengah membahas penerapan larangan sepeda motor melintas di Jalan Rasuna Said dan Sudirman.

“Saat ini masih terus kami diskusikan dengan  Dinas Perhubungan Transportasi DKI Jakarta serta Kepolisian.” ujar Menhub Budi Karya, Senin (4/917).

Menurutnya, larangan sepeda motor di dua jalan tersebut bukanlah diskriminasi sebab pengurangan kendaraan roda empat juga telah dilakukan  dengan sistem ganjil genap.

Dikatakan menteri, kendaraan roda dua satu sisi memberikan alternatif bagi masyarakat karena berbiaya murah lantaran irit bahan bakar, tetapi sisi lainya salah satu penyebab kemacetan dan tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

Kalaupun nanti diberlakukan larangan sepeda motor  tersebut  maka pengguna kendaraan roda dua mesti diberikan fasilitas konsekuensi yang lebih baik diantaranya harus ada substitusi switch angkutan massal, sehingga mereka sekalipun mereka tidak naik motor mereka bisa mendapatkan angkutan lain yang lebih nyaman dan aman. (dwi/win)