Tuesday, 21 November 2017

Mengenal Tumbuhan Asparagus dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Selasa, 5 September 2017 — 11:43 WIB
Olahan asparagus.(Ist)

Olahan asparagus.(Ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Masyarakat banyak mungkin belum mengenal benar tumbuhan asparagus dan manfaatnya bagi kesehatan. Karena biasanya tumbuhan yang berbentuk tombak dan masuk dalam anggota keluarga lili, hanya disajikan direstoran ataupun di hotel-hotel ternama.

Namun saat ini, asparagus juga sudah banyak dijual di sejumlah supermarket di Indonesia.  Menurut Nicola Shubrook adalah seorang terapis gizi dan bekerja dengan klien swasta dan sektor korporasi di Inggris, tumbuhan asparagus banyak mengandung vitamin  A, nutrisi penting yang membantu melindungi mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh kita.  Juga ada kandungan  vitamin C yang membantu memperkuat kapiler dan terlibat dalam pembentukan kolagen.

Asparagus juga merupakan sumber vitamin K yang baik, digunakan dalam pembentukan tulang dan pembekuan darah, dan dapat mengurangi risiko diabetes. Dalam artikelnya yang dirilis BBC, Nicola mengatakan, asparagus juga mengandung asam folat, penting untuk membuat sel darah. Asam folat juga merupakan nutrisi penting selama kehamilan karena dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Hanya dengan 150 gram  asparagus akan memberikan asupan asam folat total yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa (200mg). NHS merekomendasikan agar ibu hamil mendapat asam folat 400mg sehari.

Asparagus telah lama dikenal karena sifat diuretiknya, yang berarti bisa  membantu membersihkan ginjal dan membantu mencegah batu ginjal. Ini juga memiliki efek antiinflamasi, sehingga bisa meredakan kondisi peradangan.

Ada beberapa bukti bahwa asparagus juga dapat membantu meringankan beberapa gejala mabuk akibat kandungan serat dan flavonoid (senyawa tumbuhan).  Penelitian tersebut bahkan menunjukkan bahwa asparagus dapat membantu mengurangi kerusakan pada hati yang disebabkan oleh alkohol, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asparagus yang dimasak mungkin berguna dalam kondisi gastrointestinal seperti kolitis ulserativa karena membantu mengatur sistem pencernaan, sehingga mengurangi peradangan dan memperbaiki pencernaan.  Asparagus adalah salah satu dari berbagai sayuran yang bisa berperan sebagai prebiotik, meningkatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Asparagus sangat serbaguna . Tumbuhan ini  bisa dimasak dengan cara  dipanggang,, dikukus, direbus atau ditumis, dan dibuat salat.(Tri)