Thursday, 20 September 2018

Ada 110 Titik Pembuangan Sampah Liar di Bekasi

Minggu, 10 September 2017 — 6:40 WIB
Tumpukan sampah di pinggir jalan.(dok)

Tumpukan sampah di pinggir jalan.(dok)

BEKASI (Pos Kota) – Pemkot Bekasi memantau ada setidaknya 110 titik pembuangan sampah liar di wilayahnya. Titik itu tersebar di 12 kecamatan yang ada.

Hal ini menjadi keprihatinan bersama karena menunjukkan masih rendahnya kepedulian masyarakat. Maka dirsakan perlu menyadarkan masyarakat terhadap perilaku buruk yang menyebabkan lingkungan kotor ini.

“Belum lama kita menangkap sejumlah warga yang membuang sampah sebarangan di sekitar underpass,” kata Jumhana Lutfi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

Karenanya dirasa perlu juga menerapkan sidang tindak pidana ringan (tipiring)dalam upaya menyadarkan. Dengan tipiring ini, masyarakat diharapkan jera, sehingga tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Saat penertiban di underpass pelanggar dikenakan sanksi sosial berupa memungut sampah di lokasi. Mereka juga didata dan dipotret petugas, sebagai bukti telah melakukan pelanggaran.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Kustantini mengatakan tujua utama sebetulnya membina masyarakat agar menjaga lingkungan. Dampak buang sampah sembarangan justru merugikan masyarakat sendiri.

Dinas LH juga akan rutin menurunkan petugas guna mengantisipasi warga yang membuang sampah di seluruh titik tempat sampah pembuangan liar. Bagi masyarakat yang melihat hal itu, bisa melapor ke petugas untuk ditindak lanjuti.

“Peran masyarakat dalam menjaga kebersihan sangat membantu pemerintah untuk membangun daerah,” kata Kusantini . (chotim)