Tuesday, 13 November 2018

Peringati Hari Literasi Internasional, Baca dan Sablon Gratis di Tangerang

Minggu, 10 September 2017 — 9:23 WIB
Kegiatan baca gratis di car free day Tangerang, sepi peminat (mo6)

Kegiatan baca gratis di car free day Tangerang, sepi peminat (mo6)

TANGERANG (Pos Kota) – Komunitas pegiat Literasi di Kota Tangerang, Provinsi Banten, memperingati Hari Literasi Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September di Car free day Kota Tangerang, tepatnya di Jalan Moh.Yamin, Cikokol, Minggu (10/9/2017.

Acara yang diwarnai dengan membaca gratis, diskusi dan live sablon ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan pemuda yang hari ini berkurang dan mulai terlupakan.

Yoga Mulya, koordinator lapangan acara, mengatakan acara ini sejatinya adalah mengenalkan budaya Literasi di kalangan anak muda yang mulai hilang, karena membaca adalah salah satu indikator kemajuan suatu negara.

Berdasar pantauan, minat masyarakat untuk sekedar mengunjungi acara ini masih sangat minim.Ini adalah salah satu permasalahan yang sangat mendasar dalam meng-kampanyekan budaya Literasi ini.

“Lihat saja dari tadi cuma segelintir saja yang mengunjungi kami, maka dari itu kami mencoba dengan mengadakan diskusi dan live sablon serta membagikan rilis. Permasalahan ini harusnya diperhatikan oleh Pemerintah selaku pemangku kebijakan,” tambah Yoga.

Sekedar diketahui bahwa minat baca di Indonesia sangat rendah. Hanya 0,001% menurut Survey Most Literacy Nations pada 2015. Peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei. “Kita hanya berada di atas Rwanda, satu negara di benua Afrika.” katanya.
(MO6/sir)