Sunday, 19 November 2017

Atlet Catur Muda Indonesia- Filipina Duel Match

Senin, 11 September 2017 — 10:16 WIB
Atlit catur muda Indonesia-Filipina sebelum bertanding. (rizal)

Atlit catur muda Indonesia-Filipina sebelum bertanding. (rizal)

BEKASI (Pos Kota) – Pengurus Besar Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) menggelar kejuaraan amat bergengsi, duel meet catur Indinesia VS Filipina di Ballroom Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari, mulai Minggu (10-13/8) ini untuk memberikan pengalaman 8 pecatur muda Indonesia agar memiliki jam terbang berlaga dengan atlit asing.

Tarung atlet muda Indonesia-Filipina ini bertajuk ‘Future Champion Chess Match’.

Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putera Wirya, mengatakan future Champion chess match ini digelar dengan maksud memberikan pengalaman bagi atlit muda catur untuk bisa tampil dalam turnamen yang secara kualitas memiliki peluang menjadi juara catur dunia di masa depan.

“Coba kita lihat Novendra, dia juara catur junior Asia, kemudian dalam kejuaraannbaru-baru ini Indoesia meraih 7 medali emas. Itu luar biasa, dan kejuaraan ini adalah apresiasi PB Percasi untuk mendirong mereka menjadi oecatur masa depan Indonesia yang hebat,” Kata Eka Putera.

Dia mengatakan PB Percasi ingin para pecatur Indonesia lebih profesional. Dari segi finansial, mereka tidak sekadar mendapatkan uang dari turnamen ini saja, akan tetapi bahwa mendapatkan uang itu dengan berjuang keras. Ke depan memang PB Percasi hanya akan memberikan kail saja. Sirklusnya begitu: latihan, pertandingan, evaluasi.

Ketua Umum Percasi Utut Arianto mengatakan, bahwa generasi muda catur Indonesia harus sejak didini mengikuti kegiatan event internasional.

“Catur menjadi pilihan profesi anak muda. Untuk bisa menjadi profesional itu menjadi kebanggan mereka. Untuk itu mereka harus kita berikan pengalaman bertanding yang banyak,” kata Utut dalam sambutannya.
Dalam duel ini, Filipina menurunkan 8 pecatur. Mereka masing-masing Mhage G Sebastian, Daniel Quizon, Mark Jay Bacojo, Daren Dela Cruz, Emanuel Garcia, WFM Allaney J Doroy, Jerlyn San Diego, Stephen Pangilinan.

Sementara itu tuan rumah Indonesia menurunkan Cecilia N Liuvian, Gilbert Elroy Tarigan, Aditya Bagus Arfan, Shafira Devi Hersega, IM Nivendra Priasmoro, Samantha Edithso, NurAini Rasyid, Catur Adi Saguta.

(rizal/sir)