Wednesday, 21 November 2018

Badai Irma Terjang Florida, Sebagian Miami Terendam Banjir

Senin, 11 September 2017 — 7:22 WIB
Ilustrasi. (ist)

Ilustrasi. (ist)

AMERIKA– Badai Irma telah menghantam Florida, Amerika Serikat, yang menyebabkan sebagian kota Miama terendam air, sementara aliran listrik ke setidaknya satu juta rumah terputus.

Badai Irma sempat diturunkan ke kategori tiga, tetapi diperkirakan akan menerjang Florida pesisir barat dengan kekuatan angin 192km/jam.

Sekitar 60cm air merendam distrik keuangan Miami, bahkan satu jalan digambarkan menyerupai sungai.

Sebelumnya dataran rendah Key West diterjang angin berkekuatan 209km/jam pada Minggu (10/09). Dengan kondisi tersebut otorita setempat mengatakan situasi yang ada sangat berbahaya sehingga warga diminta untuk mencari perlindungan.

Lebih dari 6,3 juta orang telah diperintahkan untuk mengungsi dari Florida. Perintah itu disertai peringatan bahwa badai dahsyat berisko “mengancam keselamatan” penduduk yang berada di jalur badai ini.

Kota-kota seperti Tampa dan St Petersburg berada di jalur badai. Kawasan Tampa Bay, yang berpenduduk sekitar tiga juta jiwa, belum pernah diterjang badai besar sejak 1921.

Wali kota Tampa Bob Buckhorn memberlakukan jam malam di salah satu wilayah paling padat penduduknya.

“Kami tahu kami berada di tengah badai ini. Kami terhindar sebelumnya dari 90 angin kencang tetapi kini tiba waktunya untuk siap,” tulisnya lewat Twitter.
Tanpa listrik

Seorang pejabat Badan Meteorologi Nasional di Key West, Chip Casper, mengatakan dampak akibat terjangan badai kemungkinan buruk sekali.

“Badai kuat seperti ini dapat menyebabkan kerusakan besar, khususnya terhadap rumah-rumah kayu, atap, pohon, tiang listrik dan lain-lainnya.”

Sejauh ini lebih dari satu juta rumah tak memiliki listrik karena aliran terputus.

Sedikitnya 27 orang tewas setelah badai Irma sebelumnya menerjang kawasan Karibia.

Presiden Donald Trump telah menghubungi gubernur Alabama, Georgia, South Carolina dan Tennessee ketika Badai Irma mulai bergerak ke utara Florida Keys, kata Gedung Putih.

Disebutkan Trump badai yang terjadi sebagai “monster besar”. Ia memuji badan-badan federal yang terlibat menangani bencana ini dan menambahkan ia akan “segera” berkunjung ke Florida. (BBC)