Saturday, 23 September 2017

Lima Kurir Sabu Divonis Hukuman Seumur Hidup

Senin, 11 September 2017 — 19:26 WIB
Lima kurir sabu tertunduk saat mendengar vonis hakim

Lima kurir sabu tertunduk saat mendengar vonis hakim

MEDAN (Pos Kota)- Lima terdakwa kurir 10 kg sabu divonis hukuman seumur hidup oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumatera Utara Senin (11/9).

Kelima terdakwa msaing-masing Jamasri alias Cintek, Yanto alias Asiong, David Erwin Nababan, Premklin dan Syefrizen

Ketua majelis hakim Deson Togatorop mengatakan terdakwa terbukti bersalah karena membawa dan menyelundupkan sabu dari Malaysia melalui Dumai dengan tujuan untuk diedarkan ke Medan.

“Terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika,” kata Deson.

Adapun pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan hukuman, yaitu terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan narkotika. Serta perbuatan para terdakwa dapat merusak generasi anak bangsa.

Kelima terdakwa membawa sabu atas perintah seorang narapidana bernama Ayau yang kini merupakan penghuni Lapas Klas IA Tanjunggusta Medan.

Bahkan, pelaku dalam aksinya berusaha mengelabui petugas. Namun usaha kelimanya dapat diketahui petugas Badan Nasional Narkotika (BNN) yang tengah melakukan penyamaran.

Ketika itu dua pelaku yaitu Jasmari dan Yanto pada 12 Januari 2017 di depan kompleks Masjid Raya saat melakukan transaksi.

Lalu, petugsa melakukan pengembangan tak jauh dari lokasi awal. Petugas kembali menangkap tiga pelaku lainnya, yaitu David Erwin Nababan, Premklin dan Syefrizen. (samosir)