Saturday, 25 November 2017

Indonesia Mungkin Bertemu Malaysia di Semifinal Piala AFF U-18

Selasa, 12 September 2017 — 20:16 WIB
Malaysia VS Thailand berakhir imbang 1-1. (twitter @AFFPresse)

Malaysia VS Thailand berakhir imbang 1-1. (twitter @AFFPresse)

MYANMAR– Timnas Indonesia U-18 berpeluang menghadapi Malaysia di semifinal Piala AFF U-18 di Myanmar. Hal ini dimungkinkan jika Indonesia mampu menang besar melawan Brunai Rabu (13/9) petang sementara Vietnam mampu menang atau seri melawan Myanmar yang digelar malam harinya.

Malaysia memastikan diri jadi juara Grup A setelah menahan imbang Thailand dalam laga terakhir di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (12/9).

Sebetulnya nilai Malaysia maupun Thailand sama yakni 13 namun Tim Gajah Perang harus puas di posisi kedua karena kalah selisih gol.

Dalam pertandingan tersebut, Malaysia unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak Nik Akif Syahiran Nik Mat, pada menit 50. Namun, Thailand menyamakannya pada menit 63 kemudian melalui Kritsada Kaman.

Malaysia bakal berhadapan dengan runner-up Grup B, yang kemungkinan besar akan diisi oleh Indonesia dan tuan rumah Myanmar.Sedangkan Thailand bersua juara Grup B yang nyaris pasti ditempati Vietnam.

Memang untuk Grup B tiga tim masih berpeluang masuk semifinal yaitu Vietnam, Indonesia dan Myamar. Dari tiga kali laga, Vietnam memiliki sembilan poin, di tempat kedua ada Myanmar dengan nilai enam sama dengan Indonesia yaitu masing -masing diperoleh dari dua kali memang dan sekali kalah.

Indonesia kalah selisih gol dari Myanmar. Jika skuat Garuda Nusantara ingin lolos minimal menang 8-0 atas Brunai sehingga tidak tergantung dengan hasil pertandingan Myanmar melawan Vietnam.

Namun jika Myanmar menang melawan Vietnam maka dan Indonesia menang melawan Brunai, maka ketiganya akan sama-sama memiliki nilai sembilan. Oleh karena itu selisih gol akan jadi penentu.

Sedangkan jika Vietnam seri saja melawan Myanmar , maka yang lolos adalah Vietnam sebagai juara grup B dan Indonesia yang jadi runner-up.

Hanya bisa saja Vietnam mengalah terhadap tuan rumah Myanmar dengan berbagai alasan. Misalnya karena faktor tuan rumah atau juga karena ingin menghindari Thailand yang kini hanya sebagai runner-up Grup A.

Semoga Timnas Indonesia mampu menjebol gawang Brunai minimal sama ketika mengalahkan Filipina 9-0. (B)