Monday, 20 November 2017

Pencari Kerja di Sukabumi Capai 8 Ribu Orang, Ini Solusinya

Selasa, 12 September 2017 — 13:22 WIB
Para pencari kerja di Kota Sukabumi saat mengikuti jobfair .

Para pencari kerja di Kota Sukabumi saat mengikuti jobfair .

SUKABUMI (P0s Kota) – Para pencari kerja (pencaker) di Kota Sukabumi, Jawa Barat membludak. Tahun ini, hingga September jumlah pencari kerja mencapai 8 ribu orang. Jumlah ini mengacu pada permintaan pembuatan kartu kuning (AK1) di dinas tenaga kerja (disnaker) setempat.

Sekretaris Disnaker Kota Sukabumi, Iyan Damayanti menilai angka pencari kerja itu memang banyak. Dari jumlah itu, Disnaker sudah menyalurkan pekerjaan kepada 2600 orang dari target 5000 orang.

“Penyaluran kerja kebanyakan ke luar daerah, karena industri di kita cukup kecil. Untuk memperbanyak penyerapan tenaga kerja, kami akan mengadakan job fair pada Oktober dan November 2017 nanti,” tutur Iyan, Selasa (12/9/2017).

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz menegaskan solusi yang dilakukan untuk mengatasi jumlah pengangguran, salah satunya melalui sekolah vokasi.

Dia menilai  lewat sekolah tersebut lebih banyak warga yang terserap ke dunia kerja.”Solusi menekan angka pengangguran dengan memperbanyak sekolah vokasi,” jelasnya.

Sementara itu, dari data Disnaker jumlah pengangguran berusia produktif, rentang 15-55 tahun, mencapai 12 ribu dari total 40 ribu orang di Kota Mochi ini. (sule/win)