Saturday, 23 September 2017

1,003 Pendatang di Jakarta Selatan Dapat SKDS

Rabu, 13 September 2017 — 16:34 WIB
Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris menyerahkan SKDS bagi warga pendatang di Pasar Minggu. (Rachmi)

Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris menyerahkan SKDS bagi warga pendatang di Pasar Minggu. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Menciptakan kawasan tertib administrasi kependudukan, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan menerbitkan 1.003 surat keterangan domisili sementara (SKDS) bagi warga daerah.

“Dari hasil pembinaan kependudukan (Biduk) dalam 8 putaran, sejumlah pendatang masih memiliki KTP daerah,” kata Abdul Haris, Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2017).

Untuk itu pihaknya intens memberi sosialisasi kepada warga daerah supaya mengurus SKDS sesuai aturan di DKI Jakarta. Toh persyaratannya sangat mudah yakni surat jalan dari daerah, menyerahkan fotocopy KTP, melampirkan surat pengantar kolektif dari RT dan 2 lembar pas foto ukuran 2×3.

Abdul Haris menjelaskan SKDS sangat penting bagi warga daerah minimal sebagai identitas di Jakarta manakala ada masalah bagi individu yang bersangkutan, seperti keperluan surat-surat dari daerah asal, saat pemeriksaan atau razia dokumen oleh aparat.

Selain itu dengan berbekal SKDS, warga setempat dapat lebih mudah mengenal kondisi para pendatang di lingkungan sekitar. Setiap warga daerah yang datang ke Jakarta, harus segera melapor ke RT/RW setempat. “Saat lapor itulah yang bersangkutan akan dikenal oleh Ketua RT,” imbuhnya.

Kasie Data Informasi dan Pengawasan Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Bintang Juara menambahkan hingga Agustus 2017 memberikan 1.003 lembar SKDS saat Biduk di 8 kecamatan. (rachmi/yp)